Strategi Bisnis Restoran

Berbicara mengenai bisnis memang tidak ada habisnya, begitupun dengan bisnis kuliner. Berbeda dengan bisnis lainnya yang bisa diperjual belikan secara online, bisnis kuliner menghasruskan pemiliknya untuk membuka restoran secara langsung. Pada bisnis ini, media social hanya bisa digunakan untuk mempromosikan aneka menu yang disediakan saja, bukan untuk jual beli. Jika ingin memesan lalu diantar, biasanya sistem ini hanya berlaku disatu wilayah kota saja. Sama seperti bisnis lainnya, persaingan bisnis kuliner di Indonesia juga sangat pesat dan tersebar di berbagai daerah.

Strategi Bisnis Restoran

Semuanya memberikan inovasi dan kreativitasnya masing-masing. Tidak hanya soal rasa saja, namun keunikan tepat, penyajian, serta harga yang ditawarkan juga menjadi pertimbangan penting bagi para konsumen. Maka dari itu, selain mempromosikan secara online, anda juga harus memiliki strategi bisnis restoran yang bagus, supaya bisnis anda tidak kalah dengan restoran lainnya. Berikut ini ada beberapa strateri kusus yang harus anda perhatikan sebelum membuka bisnis restoran.

Sumber : https://bramardianto.com/

Sumber : https://bramardianto.com/

1. Pemasaran Kreatif Melalui Media Social Atau Website

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa dalam menjalankan bisnis online, media social hanya digunakan sebagai alat promosi saja. Manfaatkan media social maupun website secara baik, dengan menawarkan berbagai promo dan juga aneka menu berbeda setiap harinya. Dengan begitu, para pelanggan akan tertarik dan penasaran untuk berkunjung ke restoran anda.

2. Tidak Berdasarkan Asumsi

Tidak dipungkiri jika tren makanan yang sedang muncul bisa jadi lahan bisnis yang menggiurkan, namun tentunya anda harus siap dengan berbagai persaingan dengan penjual lainnya. apalagi selera makan seseorang dan tren bisa berubah sewaktu-waktu. Apa yang disukai orang saat ini belum tentu disukai pada saat menjatang. Oleh karena itu, anda harus bisa melakukan inovasi lainnya.

3. Ciptakan Menu Yang Berbeda

Selain tren, orang akan senang jika mencicipi makanan yang beda dari yang lainnya, atau menu yang anda sajikan tidak ada direstoran lain. Strategi ini sangat ampuh anda coba, sebab anda tidak memiliki pesaing lainnya. Meskipun demikian, pastinya selera orang juga berbeda-beda, sehingga anda harus bisa menyajikan berbagai jenis menu pilihan yang berbeda pula.

4. Lokasi Yang Mudah Dijangkau

Lokasi yang mudah dijangkau terkadang juga akan mendatangkan pelanggan yang banyak. misalnya dekat dengan kampus, sekolahan, gedung perkantoran, atau yang lainnya. maka dari itu, sebelum membuka bisnis ini, tentukan lokasi yang benar-benar strategis dan dapat dijangkau oleh semua orang.

5. Interior Yang Menarik Dan Berubah Sewaktu-Waktu

Interior juga menjadi hal menarik yang menjadi pemikat para pelanggan. Banyak kita lihat, jika selain makan seseorang akan senang berselfi atau foto di restoran tertentu. Menyediakan beberapa spot foto yang menarik bisa jadi pilihan yang tepat. Anda juga bisa mengubah interior beberapa bulan sekali, karena dengan begitu pelanggan akan berada di resto yang berbeda, sehingga konsumen akan tertarik untuk kembali datang ke resto anda.

6. Jasa Delivery Order

Sebagai produsen, anda juga harus jeli mempertimbangkan beberapa hal lainnya. Terkadang ada beberapa orang yang ingin makan di restoran anda, namun tidak memiliki teman, sehingga keinginan tersebut hilang begitu saja. Anda bisa menghindari permasalahan tersebut dengan menawarkan jasa “Delivery Order”. Tentunya jasa ini hanya berlaku dalam kota saja.

7. Kualitas Makanan

Dari sekian banyak strategi yang anda, cita rasa dan kualitas makanan juga tidak boleh anda lewatkan. Meskipun, tidak dipungkiri jika tujuan orang pergi ke restoran tidak hanya sekedar mengisi perut saja, akan tetapi jika menu yang anda sajikan tidak enak, maka pelanggan pun enggan untuk kembali lagi.

8. Harga

Bagi seorang pelajar atau mahasiswa, harga sebuah makanan sangat penting bagi mereka. Keterbatasan uang saku yang mereka miliki membuat mereka lebih memilih makanan yang murah dibanding yang mahal. Anda yang ingin membuka restoran juga harus memikirkan hal ini. Apalagi jika resto yang anda bangun masih tergolong baru dan belum memiliki ciri khas sendiri, jangan sekali-kali memberi harga yang tinggi. Berikan menu yang bervariasi dan harga yang bervariasi tentunya sesuai kualitas, sehingga menu yang anda tawarkan dapat dijangkau oleh semua kalangan.

9. Memiliki Koki Yang Handal

Cita rasa dari sebuah makanan tergantung dari koki yang memasak. Maka dari itu koki adalah hal penting yang harus anda miliki ketika membangun bisnis restoran. Memiliki koki yang handal, akan mengasilkan makanan yang lezat, dan menarik pelanggan yang banyak. selain itu, jangan mengganti koki sembarangan, karena beda koki berbeda pula cita rasa yang dihasilkan. Pilihlah beberapa koki, dan tentukan tugas masing-masing mereka tentunya dengan kemampuan memasak yang mereka miliki.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.