Strategi Pemasaran Bisnis Kafe yang Paling Efektif

Kafe menjadi salah satu  tempat multifungsi bagi beberapa orang. Tak hanya menyediakan makanan dan minuman namun kafe juga sering dipakai untuk tempat meeting. Kafe juga digemari sebagai tempat nongkrongnya anak muda atau juga sering dijadikan tempat kerja kelompok yang cozy dan nyaman. Tak heran jika beberapa orang meliriknya sebagai salah satu peluang usaha.

Kini kafe juga memiliki temanya masing-masing untuk menarik banyak pengunjung. Tema setiap kafe berbeda-beda ada yang bertema budaya suatu daerah seperti Jawa atau China. Ada pula yang mengangkat tema industrial, hello kitty hingga tema jadul yang membuat anda serasa berada di tahun 90-80an.

Keuntungan Membuka Bisnis Kafe

Ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan jika berniat membukausaha bisnis kafe ini. beberapa keuntungan tersebut diantaranya ialah sebagai berikut :

Mudah Diterima Masyarakat

Bisnis kafe sangat mudah diterima oleh masyarakat Indonesia. Apalagi budaya ngopi yang ada di negeri ini telah berkembang sejak dulu. menurut badan pusat statistic yang melakukan survey social ekonomi nasional menyatakan per penduduk Indonesia gemar mengkonsumsi hingga 1.25 kilogram sejak 2002-2014. Ini artinya kafe sebagai tempat santai dan nongkrong bersama orang terdekat sangat mudah untuk diterima pasar.

Bisa Dibuka Dengan Cara Sederhana

Untuk membuka sebuah kafe bukanlah hal yang rumit bahkan dengan dana yang minimpun anda bisa membuka kafe. Anda bisa membuka kafe di tempat yang sederhana bahkan dengan menu yang simpel. Ada beberapa orang membuka kafe di tempat yang tak lazim seperti dibawah kolong jembatan, container hingga perpustakaan.

Jaminan Keuntungan Yang Tak Bisa Dipandang Sebelah Mata

Walaupun menampilkan menu yang sederhana namun keuntungan sebuah kafe tak bisa anda pandang sebelah mata. Semakin unik kafe tersebut biasanya makin ramai pula pengunjungnya. Menu yang ditawarkan umumnya bisa anda buat sendiri namun tempat yang nyaman dan unik ditawarkan oleh kafe menjadi daya tarik utama.  Harga makanan dan minuman di kafe juga berbeda dengan restoran atau warung makan yang menawarkan menu yang sama.

Pangsa Pasarnya Luas

Pangsa pasar bisnis kafe ini juga tidak terbatas pada umur dan latar belakang pendidikan. Kafe bisa diterima oleh semua kalangan umur dan pendidikan. Pangsa pasarnya yang cukup luas membuat anda mudah mencari pelanggan baru. Memang penting mempertahankan pelanggan setia namun membidik pangsa pasar baru dengan mengupayakan adanya pelanggan baru akan mudah membuat bisnis kafemu semakin berkembang pesat.

Pengelolaan Yang Mudah

Keunggulan bisnis kafe yang patut anda ketahui ialah memiliki pengelolaan yang mudah. Selain mampu memelihara gedung kafe anda juga dituntut memiliki pelayanan yang baik misalnya dari segi pelayanan waiters ataupun lama tidaknya pesanan diantar ke meja pengunjung kafe. Pengelolaan yang mudah inilah yang membuat banyak orang tertarik membuka kafe walau kadang ala kadarnya.

Kiat Jitu Membangun Kafe

Untuk mendirikan kafe walau terbilang tidak cukup rumit namun anda harus tetap memiliki rencana atau kiat khusus agar kafe yang anda jalankan tak menemui hambatan berarti. Adapun kiat jitu tersebut bisa anda simak sebagai berikut :

Buat Rencana Bisnis Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang perlu anda lakukan ialah miliki rencana bisnis terlebih dahulu. Buatlah promosal bisnis agar memudahkan anda dalam pelaksanaannya. Dengan memiliki proposal bisnis anda bisa memprediksi seberapa besar dana yang dibutuhkan. Selain itu proposal bisnis juga bisa anda gunakan untuk mencari rekan bisnis jika dana yang anda miliki masih kurang. Proposal bisnis ini juga mencakup kelemahan dan kelebihan dari kafe yang hendak didirikan.

Tentukan Lokasi Yang Tepat

Selanjutnya jika anda sudah memiliki gambaran seperti apa kafe yang hendak dibuka maka lanjutkan dengan mencari lokasi kafe yang pas. Semakin strategis suatu lokasi maka semakin tinggi pula biaya sewanya. Jika tempat tinggal anda tergolong lokasi yang strategis maka akan sangat membantu menekan biaya sewa. Anda bisa membuka kafe bertema outdoor di taman rumah yang dimiliki. Pilihlah lokasi yang memiliki akses jalan yang mudah sehingga bisa diakses siapa pun.

Gunakan Sistem Part Time Di Awal Bisnis Di Mulai

Bagi anda yang memiliki modal minim dalam membangun bisnis kafe gunakanlah sistem part time untuk memperkerjakan pegawai. Dengan sistem part time anda bisa menghemat biaya gaji pegawai. Dalam memilih pegawai juga jangan sembarangan. Perhatikan attitudenya karena mereka akan langsung berinteraksi dengan konsumen. Tidak perlu merekrut pegawai hingga belasan  dalam menjalankan kafe anda apalagi di awal bisnis dimulai. Rekrut karyawan sesuai dengan kebutuhannya sehingga distribusi pekerjaan pas dan berjalan  efektif.

Maksimalkan Desain Interior dan Furniture Yang Memikat

Pesona desain interior tak dipungkiri mampu menarik pengunjung datang mampir ke kafe anda. Apalagi jika desain kafe anda tak biasa dan unik pasti banyak yang penasaran untuk melihat lebih dalam lagi. Oleh karena itu maksimalkan desain interior kafe anda dan gunakan furniture yang memikat. Furniture yang dipakai tak selalu harus mahal namun pas dengan tema konsep kafe yang anda angkat. Masyarakat Indonesia sangat gemar melakukan selfie sehingga memiliki spot kece yang instagramable juga bisa meningkatkan pengunjung kafe. Selain desain tampilan menu makanan juga bisa menjadi daya tarik lebih.

loading...

Aktifkan Sosial Media Anda

Selanjutnya aktifkan social media anda untuk aktif berpromosi. Social media berperan besar untuk menyampaikan berita apalagi menghimpun pelanggan baru. Lakukan posting konten yang terkait dengan kafe agar anda segera mendapatkan pelanggan. Foto yang instagramable sangat bikin penasaran orang yang melihatnya dan hendak melakukan hal yang sama seperti konten yang ditemukannya untuk tampil keren. Promosi secara online juga bisa menghemat biaya pemasaran dan jauh lebih tepat sasaran dibandingkan iklan tradisional.

Kerjakan Dengan Sepenuh Hati

Terakhir, bekerjalah dengan sepenuh hati dan yang terbaik. Konsisten dalam mengerjakan sesuatu dan pantang menyerah. Tidak mungkin taka da hambatan dalam sebuah bisnis begitu pula dengan bisnis kafe yang sedang anda kelola saat ini. Bekerjalah dengan ikhlas agar anda bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen anda. Motivasi karyawan anda untuk bekerja sepenuh hati sehingga kerja sama diantara kalian terjaga kekompakannya.

Strategi Pemasaran Bisnis Kafe yang Paling Efektif

Tentunya anda membutuhkan taktik atau strategi untuk membuat kafe yang anda dirikan segera dikenal oleh banyak orang. Ada beragam strategi yang sebenarnya bisa anda terapkan pada saat launching kafe. Ada yang membutuhkan modal besar namun tak sedikit pula yang hanya mengandalkan modal minim. Berikut beberapa strategi pemasaran bisnis kafe yang paling efektif dan direkomendasikan untuk anda coba :

Strategi Pemasaran Bisnis Kafe yang Paling Efektif – Gunakan Konsep Kafe Yang Tak Biasa

Untuk mempromosikan kafe anda gunakna konsep kafe yang unik dan tak biasa. Konsep kafe tak hanya sebatas desain interior atau eksterior saja namun juga bisa dari menu makanan hingga kostum pelayannya. Ada banyak konsep kafe yang bisa anda terapkan diantaranya ialah perpustakaan, horror, otomotif, hingga penjara atau rumah sakit. Konsep yang tak biasa inilah yang menjadi daya tarik kafe anda dibandingkan kafe lainnya.

Strategi Pemasaran Bisnis Kafe yang Paling Efektif – Minta Food Blogger Review Kafe Anda

Semakin berkembangnya teknologi maka semakin beragam lagi cara pemasarannya. Kini tak hanya melalui tulisan atau membuat iklan di televise atau radio saja namun hingga video review. Anda bisa bekerja sama dengan food blogger atau food vlogger kenamaan. Selain mudah menyebarkan informasi tentang kafe anda para blogger dan vlogger ini juga mampu meningkatkan citra kafe itu sendiri. apalagi kemampuan food blogger dalam mengolah kata-kata mampu meningkatkan SEO website kafe yang anda miliki.

Strategi Pemasaran Bisnis Kafe yang Paling Efektif – Berikan Kudapan Gratis Bagi Pengunjung Yang Mengshare Kafemu Di Media Sosial

Salah satu strategi promosi lainnya yang bisa anda coba ialah memberikan kudapan gratis bagi pengunjung. Tentunya ada syarat yang perlu ditepati seperti mengfollow akun media social kafe dan memposting foto mereka saat berada di kafe pada media social yang dimiliki. Selain bisa menambah follower dan mempercepat informasi terkait kafe anda, strategi ini juga bisa jadi ajang eksperimen untuk memperkenalkan menu baru ke konsumen.

Strategi Pemasaran Bisnis Kafe yang Paling Efektif – Gunakan Strategi Delivery Order

Tak selamanya konsumen harus datang ke tempat anda duluan. Strategi jemput bola bisa diterapkan untuk meningkatkan penjualan atas menu makanan dan minuman kafe anda. Bekerja samalah dengan beberapa aplikasi transportasi agar konsumen mudah memesan makanan dan minuman yang anda tawarkan. Layanan delivery order bisa anda sediakan pada laman situs kafe anda. Tak hanya melalui online anda juga bisa menginformasikan nomor telepon sehingga konsumen bisa memesan lewat telepon atau SMS.

Strategi Pemasaran Bisnis Kafe yang Paling Efektif – Sediakan Spot Foto Selfie Yang Menarik

Anda juga bisa menyediakan spot tertentu dalam kafe sebagai spot selfie yang menarik. Tak perlu luas namun cukup untuk dijadikan background foto. Hal ini juga mampu mempengaruhi pengunjung untuk datang kembali ke kafe anda. Setiap spot bisa memiliki tema yang berbeda-beda satu dengan lainnya. postinglah spot foto selfie ini dalam laman situs kafe dan media sosialnya.

Strategi Pemasaran Bisnis Kafe yang Paling Efektif – Hadirkan Band-Band Untuk Mengisi Musik

Kafe tak hanya menarik dari menu makanan yang dihadirkan maupun desain interiornya saja. terkadang pecinta music tertentu suka nongkrong di sebuah kafe karena music yang dihadirkannya. Anda juga bisa mengundang komunitas music untuk tampil di kafe anda. Berilah kebebasan pula pada pengunjung yang juga ingin tampil menawan diatas panggung untuk bernyanyi. Selain bisa menawarkan pertunjukkan music yang lebih berkualitas juga mampu dijadikan salah satu daya tarik kafe anda.

Strategi Pemasaran Bisnis Kafe yang Paling Efektif – Hadirkan Promo Tertentu Pada Momen Tertentu

Terakhir, jangan lupa hadirkan promo menarik pada momen tertentu. Momen yang dimaksud bisa saat hari ulang tahun kafe anda maupun pada hari tertentu seperti sumpah pemuda, kartini bahkan hari natal. Anda juga bisa memberikan kupon diskon bagi pengunjung yang berulang tahun pada hari tersebut.Dengan begini maka akan banyak pengunjung kafe anda yang merasa teristimewakan. Selain itu hal ini juga membantu pengunjung untuk menikmati lebih banyak menu makanan dan minuman di kafe anda karena adanya diskon.   

Tips Mengelola Keuangan Bisnis Kafe

Bukan hanya perlu kehati-hatian dalam mengurusi pemasaran kafe anda saja namun juga penting untuk melakukan manajemen keuangan. Keuangan yang carut marut akan mudah membawa anda dalam kebangkrutan dalam waktu singkat. Manajemen keuangan dibutuhkan oleh semua jenis usaha tanpa kecuali kafe. Dengan memperhatikan faktor keuangan yang ada maka aliran dana akan disalurkan pada pos yang tepat. Berikut beberapa tips untuk manajemen keuangan kafe yang bisa anda simak dibawah ini :

Berbelanjalah Bahan di Toko Grosir

Harga di toko grosir akan jauh lebih murah ketimbang saat anda belanja di toko eceran.  Apalagi jika anda membeli dalam jumlah yang besar maka potongan hargapun mudah sekali didapat. Dengan bahan baku yang murah anda bisa menaikkan keuntungan jauh lebih tinggi. Harga makanan dan minuman juga bisa dijangkau oleh masyarakat dari setiap kalangan.

Konsep Lesehan Bisa Jadi Solusi Penghematan Furniture

Anda tak punya cukup dana dalam membeli furniture maka ada baiknya menerapkan konsep lesehan. Selain tidak membutuhkan banyak furniture ternyata model kafe lesehan juga sangat diminati. Ruangan juga bisa menampung lebih banyak pengunjung serta mudah sekali dibersihkan ketimbang kafe yang memiliki banyak furniture.

Lakukan Pembukuan atau Pencatatan

Pembukuan juga dibutuhkan kafe agar keluar masuknya uang bisa lebih terkontrol. Adanya pencatatan ini akan lebih mudah menghitung keuntungan bersih yang anda dapatkan. Anda juga bisa menentukan harga jual makanan dan minuman yang anda tawarkan dalam kafe. Anda juga mendapatkan informasi yang lebih detail terkait modal bisnis kafe.

Bijak dalam Menggunakan Listrik

Selain itu anda juga perlu bijak dalam memanfaatkan daya listrik. Apabila peralatan dapur elektrik sedang tidak digunakan maka matikan segera. Gunakan lampu LED agar anda bisa menghemat biaya listrik sehari-hari. tidak lupa matikan peralatan elektronik lainnya seperti AC, lampu hingga sound system jika memang sedang tutup atau tidak begitu digunakan.

Jangan Boros Memakai Air

Selanjutnya jangan boros dalam memakai air. Kebutuhan air bersih memang penting dalam bisnis kuliner. Selain digunakan untuk dikonsumsi juga dipakai untuk membersihkan peralatan serta kebutuhan memasak di dapur. Untuk itu lebih bijaklah dalam memakai air bersih agar lebih ramah lingkungan dan menghemat tagihan air.

Gunakan strategi promosi yang sesuai

Keberhsilan promosi bukan terletak dari seberapa besar dana yang dihasilkan namun seberapa menariknya konten yang dibuat. Mnfaat dari biaya promosi ini tak jarang tak bisa dirasakan dalam waktu singkat. Oleh karenanya pilih strategi promosi yang cocok dengan bisnis dan dompet anda.

Tawarkan Menu Paket

Untuk mencegah bahan makanan kadaluarsa atau rusak maka pergunakan sistem paket. Selain mampu menghabiskan stok jika dilihat dari sudut pandang pelanggan sistem paket ini jauh lebih hemat.  Sistem paket menjadi solusi bahan makanan yang overload. Pengaturan inventaris kafe dan tempat penyimpanan juga perlu mendapatkan perhatian anda. Hal ini dilakukan untuk mencegah bahan makanan rusak karena penyimpanan yang tidak tepat.

Untuk membawa kafe anda menjadi bisnis yang sukses anda juga dituntut membentuk karakter pemimpin yang baik. Pantang menyerah dan mau belajar dari kesalahannya merupakan sikap yang dibutuhkan oleh setiap bisnisman. Begitu juga dengan bisnis kafe pasti ada masa pasang surutnya. Disinilah anda dituntut lebih kreatif sehingga selalu ada hal-hal baru yang bisa dinikmati pengunjung kafe. Tidak lupa biasakan karyawan dan anda menebar senyum agar pengunjung merasa akrab dan sering mampir ke kafe anda.  keramahan mampu membuat konsumen baru tahkluk dan menjadi pelangga setia kafe anda.   

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.