Strategi Pemasaran Melalui Internet

Jaman sekarang adalah jaman internet. Hampir segala sesuatu dapat dilakukan melalui internet, mulai dari memesan makanan, nonton film, membeli pulsa, membeli kebutuhan sehari-hari sampai dengan mencari pacar. Jika anda memiliki bisnis, anda juga harus mulai memasarkan melalui internet. Artikel ini akan membahas beberapa strategi pemasaran melalui internet. Ada 2 hal yang perlu kita miliki jika ingin melakukan pemasaran melalui internet, yaitu website dan sosial media.

Website

Website merupakan hal yang wajib di miliki jika ingin berjulan online. Anda dapat memulai dengan blog gratis blog gratis jika memang tidak memiliki dana. Dengan website, kita dapat memperkenalkan bisnis kepada calon pelanggan. Dalam website tersebut dapat berisi profil bisnis, produk atau jasa yang ditawarkan, testimonial pelanggan dan cara menghubungi bisnis tersebut. Dengan website, kita juga dapat menerima pemesanan dan menerima pembayaran online.

Walaupun memiliki website, tanpa ada pengunjung maka website tersebut tidak akan membantu penjualan. Untuk meningkatkan pengunjung ada dua cara yang dapat dilakukan, yang pertama adalah Search Engine Optimization (SEO) dan yang kedua adalah iklan berbayar. SEO merupakan strategi jangka panjang sedangkan iklan merupakan strategi jangka pendek. Dikatakan jangka panjang karena umumnya baru terlihat hasil dari SEO setelah 2-3 bulan.

SEO Website

Untuk dapat meningkatkan peringkat di mesin pencari Google, yang perlu dilakukan adalah mengoptimalisasi website dan mendapatkan link dari website-website lain menuju website kita. Ketika melakukan optimalisasi website, perlu dilakukan update terhadap halaman website agar halaman tersebut mengambarkan kata kunci yang ingin kita incar. Contoh optimalisasi yang dapat dilakukan antara lain:

  • Memberikan judul halaman dengan kata kunci
  • Isi halaman memiliki kata kunci
  • Mendapatkan link dari halaman lain dari website sendiri
  • Membuat blog sehingga website memiliki banyak halaman. Semakin banyak halaman atau topik yang kita tulis, maka semakin besar kemungkinan halaman tersebut dapat muncul di Google.
  • Mendapatkan link dari website orang lain, misalnya dari blog comment, forum, direktori, iklan advertorial.

Iklan berbayar

Untuk mendapatkan pengunjung website yang cepet, maka dapat dicoba iklan berbayar. Iklan ini dapat berupa banner di website dengan banyak pengunjung seperti portal-portal berita, diantaranya: detik.com, kompas.com, viva.co.id dan liputan6.com. Cara lainnya adalah menggunakan Google Adwords, dimana iklan akan muncul ketika seseorang melakukan pencarian di Google. Sistem Adwords adalah sistem lelang. Misalnya jika untuk “toko mainan” ada 3 orang pengiklan, dimana orang pertama sanggup membayar 1.000 per klik dan orang kedua sanggup membayar 1.001 per klik, maka iklan orang kedua akan muncul diatas iklan orang pertama di Google.

Sosial media

Sosial media merupakan tempat bertemunya banyak orang, seperti Facebook, Instragram, Twitter dan linkedin. Ketika memilliki akun sosial media maka langkah selanjutnya adalah mendapatkan follower atau orang yang meng-like akun kita. Ketika mereka tersambung dengan akun sosial media kita, maka ketika ada berita yang ingin disampaikan dapat dengan mudah mencapai mereka.

Untuk mendapatkan banyak pengikut, maka perlu membuat posting-posting baru yang menarik dan berguna. Ketika seseorang melihat posting itu maka mereka akan lebih tertarik menjadi pengikut. Agar dengan cepat mendapat pengikut, dapat memesan iklan ke akun sosial media yang kita miliki. Langkah tercepat untuk mendapatkan pengikut adalah meminta teman dan saudara untuk menjadi pengikut kita. Semakin banyak orang yang menjadi pengikut akan semakin banyak orang yang tertarik menjadi pengikut.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.