Strategi Pemasaran Produk Baru

Memiliki suatu usaha sendiri pasti menjadi hal yang menyenangkan. Bagaimana tidak? Dengan mambangun usaha sendiri, anda sudah tidak perlu pusing kesana-kemari untuk menacari pekerjaan. Bahkan bisa jadi anda yang akan memberikan lapangan pekerjaan bagi orang lain. selain itu anda juga akan lebih mudah mengatur waktu terhadap keluarga. Semua hal bisa anda atur sesuai dengan kebutuhan pribadi, namun dibalik itu semua pasti ada perjuangan tersendiri yang harus anda lakukan demi membuat bisnis atau usaha anda dikenal oleh banyak orang. Selain modal, strategi pemasaran merupakan salah satu hal utama yang harus dipikirkan secara matang oleh seorang pengusaha.

Strategi Pemasaran

Apalagi bagi mereka yang memang bergelut pada usaha perdagangan. Jika tidak mau kalah dengan pengusaha lainnya, anda harus pintar-pintar membuat inovasi dan strategi pemasaran yang matang dan dapat dijangkau oleh banyak kalangan. Nah berikut beberapa tips cara menentukan strategi pemasaran pada produk baru:

Sumber: https://blog.angpao.id/

1. Melakukan Riset Pasar

Riset pasar merupakan salah satu hal utama yang harus dilakukan oleh seorang pengusaha atau wisausaha sebelum menjalankan bisnis. Kegiatan riset pun tidak hanya untuk melihat peluang, namun juga melihat banyaknya competitor, riset terhadap pasar, dan riset produk. Semua riset tersebut harus dilakukan dengan baik secara berdampingan, sebab semuanya memiliki kepentingan yang sama. Jadi, jika tidak dilakukan dengan baik dan berdampingan sudah pasti anda tidak akan mengetahui kondisi lapangan yang sebenarnya.

2. Jeli Terhadap Kebutuhan Konsumen

Setelah riset dilakukan, tentunya ada banyak pertimbangan yang akan dilakukan oleh seorang pengusaha untuk membuat usahanya berjalan dengan lancar. Salah satunya adalah dengan menentukan produk berdasarkan kebutuhan konsumen. Bagaimanapun produk yang akan dibuat nantinya akan dipasarkan ke masyarakat. Jadi, semenarik dan sebagus apapun produk yang anda ciptakan, namun jika masyarakat sendiri tidak terlalu tertarik atau membutuhkan produk tersebut, pasti akan sulit menembus angka penjualan yang tinggi. Berbeda halnya jika anda jeli terhadap kebutuhan pasar, sesederhana apapun produk yang anda ciptakan namun memberikan manfaat yang besar terhadap masyarakat, pasti produk tersebut akan banyak dicari orang.

3. Menentukan Lokasi Dan Waktu Penjualan Yang Sesuai

Selanjutnya, lakukan penjualan pada tempat dan waktu yang tepat dan sesuai. Sebab, setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Misalkan saja anda melakukan penjualan produk A di wilayah B, dengan pasar yang sangat bagus. Maka belum tentu wilayah lainnya bisa menerima produk A dengan angka penjualan yang tinggi. Hal inilah yang menjadi kan riset pasar sangat penting dilakukan diawal membuka usaha.

4. Membuat Strstegi Promosi Yang Efektif

Berikutnya, jika lokasi dan kebutuhan sudah memiliki sasaran yang tepat, rencanakan strategi pemasaran semenarik mungkin. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mengenalkan produk anda ke masyarakat luas. Jenis promosi pun bisa dilakukan dengan banyak cara. Bisa dengan menggunakan brosur, bisa dengan memberikan potongan harga, bisa menggunakan media social, memberikan ekstra pelayanan dan masih banyak lainnya.

5. Berikan Pelayanan Yang Memuaskan Terhadap Pelanggan

Terakhir, berikan pelayanan yang ramah terhadap konsumen. Bagaimanapun, selain soal rasa keramah-tamahan anda terhadap konsumen juga menjadi penilaian tersendiri terhadap konsumen. Banyak sekali usaha makanan atau toko prosuk tertentu yang memiliki rasa enak dan harga murah, namun sepi pengunjung karena pelayanan yang tidak memuaskan. Maka dari itu, selalu berikan pelayanan yang maksimal terhadap pelanggan, supaya usaha anda pun juga semakin berkah.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

1 Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.