Strategi Pemasaran Rumah Makan

Strategi Pemasaran Rumah Makan – Bisnis kuliner saat ini menjadi salah satu bisnis yang sangat populer di Indonesia. Salah satunya adalah dengan mendirikan rumah makan. Untuk menjalankan bisnis ini tidaklah mudah mengingat ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi. Mulai dari menu, SDM hingga lokasi rumah makan yang strategis bisa sangat berpengaruh terhadap bisnis rumah makan anda.

Strategi Pemasaran Rumah Makan

strategi pemasaran rumah makan

Sumber: www.kerja-dirumah.info

Dalam proses pengembangannya, anda juga harus selalu berinovasi dan menerapkan strategi yang tepat. Salah satu strategi yang harus dipikirkan dengan matang adalah strategi pemasaran rumah makan. Strategi ini bisa dibilang akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis rumah makan anda. Karena itulah anda tidak bisa sembarangan dalam menentukan strategi pemasaran yang akan dilakukan.

Untuk membantu anda, berikut ini ada beberapa strategi pemasaran rumah makan yang bisa anda coba terapkan:

  1. Promosi ke Target Pasar

Setiap rumah makan memiliki target pasar yang berbeda-beda. Begitu juga dengan rumah makan anda. Penting bagi anda untuk mempromosikan rumah makan tepat pada target yang diinginkan. Ketepatan promosi ini akan membantu anda dalam efisiensi biaya dan waktu.

  1. Tingkatkan Pelayanan Rumah Makan

Pelayanan rumah makan adalah sektor vital setelah menu yang disediakan. Jangan ragu untuk memilih karyawan terbaik untuk rumah makan anda. Bekali mereka dengan kemampuan dan pengetahuan yang cukup untuk bisa melayani pelanggan dengan baik.

  1. Konsep Rumah Makan

Penting untuk memiliki konsep dalam menjalankan bisnis kuliner khususnya rumah makan. Konsep yang unik dan berbeda dari konsep rumah makan yang sudah ada akan membuat pelanggan tertarik dengan rumah makan anda. Daripada sibuk-sibuk mencari konsep terbaik, lebih baik anda kembangkan konsep impian anda. Banyak sekali rumah makan yang sukses dengan konsep impian pemiliknya. Anda hanya perlu mengembangkan dan membungkus konsep dengan baik dan tepat saja.

Jika konsep sudha diputuskan maka selanjutnya anda bisa menentukan desain interior dan eksterior untuk rumah makan anda. Pemilihan alat-alat makan yang sesuai dengan konsep juga perlu untuk dilakukan.

  1. Variasi Menu

Secara berkala, ada baiknya untuk memunculkan menu-menu baru yang sesuai dengan konsep rumah makan anda. Jangan ragu untuk mencoba mengenalkan setiap menu baru pada pelanggan. Ajak pelanggan untuk berdiskusi tentang menu-menu baru tersebut untuk melakukan evaluasi dan perbaikan.

  1. Live Music Bisa Dicoba

Salah satu keunggulan dari rumah makan adalah menyediakan live music di hari atau jam-jam tertentu. Sekilas live music memang terlihat sepele, tapi faktanya ada magnet yang cukup besar pada live music yang bisa menggaet hati para pelanggan anda. Jangan ragu untuk melakukan sedikit survey tentang selera music favorit pelanggan sebelum anda menerapkan live music dalam operasional rumah makan anda.

  1. Promosi Khusus

Sebagai salah satu bentuk strategi pemasaran, anda bisa melakukan promosi khusus. Misalkan pelanggan dengan nama tertentu gratis makan di rumah makan anda. Atau anda bisa menyediakan pelayanan dan menu gratis bagi pelanggan yang berulang tahun di tanggal yang sama denga hari ulang tahun rumah makan.

Promosi lain yang mungkin bisa anda terapkan adalah diskon 20% untuk pelajar atau pekerja bidang tertentu di hari yang sudah ditentukan. Promosi seperti ini secara tidak langsung akan membuat ikatan khusus dalam diri konsumen terhadap rumah makan anda.

Selain strategi di atas, anda juga bisa mencoba pemasaran secara online untuk membantu meningkatkan jumlah penjualan di rumah makan anda.

Semoga informasi tentang strategi pemasaran rumah makan di atas bermanfaat untuk anda semua..

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.