Strategi Usaha Si Tempat Sepi

Dalam setiap bisnis pasti ada keadaan dimana anda mengalami pasang surut. Ketika bisnis berjalan lancar tentu rasa syukur terlimpahkan dan merasa keputusan yang anda ambil telah tepat. Sayang tak selalu suatu bisnis berujung pada kesuksesan karena banyak juga yang gagal ditengah jalan. Kegagalan juga bagian dari bisnis dan melalui fase ini akan membawakan anda banyak pengalaman. Anda menjadi terampil dalam menyusun strategi bisnis.

Mengenal Strategi Bisnis

Strategi bisnis merupakan perencanaan yang dilakukan untuk mempercepat tujuan yang hendak diraih. Salah bisnis ada banyak tujuan bisnis seperti memperoleh profit tinggi, perluasan pangsa pasar hingga penetrasi pasar. Dalam menerapkan strategi bisnis ini juga perlu manajemen yang baik agar tujuan yang dikehendaki perusahaan bisa lekas tercapai.

Tujuan Manajemen Strategi

Ada beberapa tujuan yang dapat diraih ketika anda berhasil memanajemen strategi bisnis anda. beberapa tujuan manajemen strategi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai langkah mengevaluasi strategi bisnis yang telah diterapkan, apakah termasuk strategi bisnis yang efektif atau tidak
  2. Untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan setiap strategi bisnis yang ditempuh sehingga mampu mengambil keputusan yang tepat ketika dihadapkan pada suatu masalah
  3. Mempercepat inovasi produk ataupun jasa sehingga mampu memenuhi selera pasar
  4. Mengkoreksi dan memperbaharui strategi yang telah disesuaikan dengan perkembangan lingkungan eksternal

Manfaat Manajemen Strategi

Selain tujuan dari manajemen strategi diatas terdapat pula beberapa manfaat dari manajemen strategi ini. Berikut beberapa manfaat dari manajemen strategi yang bisa anda simak berikut ini :

  1. Membantu mempercepat perusahaan dalam beradaptasi dengan lingkungannya
  2. Membantu menentukan keputusan strategi mana yang paling baik untuk diterapkan sehingga memperkecil resiko bisnis
  3. Meningkatkan proftabilitas perusahaan dengan konsep manajemen yang lebih baik
  4. Meningkatkan motivasi pegawai sehingga kinerja perusahaan menjadi lebih baik dari sebelumnya
  5. Meningkatkan kemampuan perusahaan dalam menghadapi tantangan bisnis di masa depan
  6. Menjadi lebih peka terhadap ancaman eksternal serta mampu memperpanjang masa hidup dari perusahaan itu sendiri.
  7. Kordinasi yang lebih terarah dan efektif sehingga tercapainya tujuan akan lebih mudah
  8. Terpenuhinya standar yang telah ditetapkan melalui pengawasan yang lebih efektif

Melihat manfaat dari manajemen strategi diatas tentu hal ini perlu mendapatkan perhatian dari kalangan manajerial. Untuk menyusun strategi bisnis juga tidak boleh sembarangan ada beberapa langkah yang perlu anda penuhi.

Jurus Jitu Menyusun Strategi Bisnis

Dalam membangun sebuah strategi bisnis anda juga tak boleh asal. Jika tidak tepat maka bisnispun bisa terancam gulung tikar. Untuk itu anda perlu beberapa jurus jitu agar tak salah langkah dalam menetapkan strategi bisnis yang dimiliki.

Tentukan Dulu Visi dan Misi

Dalam membuat strategi bisnis perlu menentukan visi dan misi agar tujuan yang hendak dicapai tak keliru. Visi merupakan tujuan perusahaan dalam waktu jangka panjang untuk membentuk identitas perusahaan. Adanya visi misi ini akan membantu anda dalam menentukan tujuan yang jelas dan target yang lebih konkrit.

Identifikasi Lingkungan

Selanjutnya ialah mengidentifikasi lingkungan bisnis anda untuk memudahkan menentukan langkah. Jangan segan untuk melakukan analisis internal dan eksternal sekaligus peluang dan kelemahan yang akan dihadapi perusahaan anda. anda bisa menggunakan analisisi SWOT untuk mendeteksi 4 aspek dalam perusahaan yakni kelemahan, kekuatan, ancaman sekaligus peluang.

Ubah Cara Berpikir

Selanjutnya lebih pada diri anda yakni dengan mengubah cara berpikir. Cobalah untuk lebih berpikir kritis dan fokus sehingga lebih produktif dalam bekerja. Bisnis itu harus dimulai dengan keberanian pasalnya banyak resiko yang harus dihadapi dan resiko tersebut tak bisa dengan mudah dideteksi sedari awal. Jadilah orang yang opurtunis dan berpikir tajam sehingga bisa fokus dalam mengerjakan segala sesuatunya.

Jadilah Orisinil dan Kreatif

Jika bisnis anda ingin bertahan lama maka jadilah orisinil dan kreatif.  Tak ada yang bisa mengalahkan keorisinalitas suatu produk dan kreativitas. Kreativitas dibutuhkan untuk membuat peluang dan menjadi orisinil mampu mencegah peniruan yang ingin tampak seperti orang lain. Selain itu anda juga butuh kerja keras sebab akan banyak rintangan yang mungkin anda hadapi dimasa depan. Walau strategi bisnis yang anda terapkan cukup bekerja dengan baik namun bisnis bisa pasang dan surut tanpa anda prediksi.

Optimalkan SDM

Terakhir, optimalkan kinerja pegawai anda terlebih jika perusahaan anda bergerak dibidang jasa. Meskipun strategi bisnis anda bagus namun jika sumber daya manusianya tak mampu memenuhi konsep yang anda rancang maka strategi bisnis yang anda canangkan hanya akan jadi wacana. Sumber daya manusia yang mampu mewujudkan perencanaan bisnis anda haruslah memiliki kompetensi dan skill yang sesuai dengan tuntutan persaingan pasar saat ini. Sumber daya manusia tersebut juga harus memahami visi dan misi yang anda canangkan. Sumber daya manusia tersebut juga harus menguasai area kerja dan tuntutan kompetensi area kerja.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Strategi Bisnis    

Sumber : http://www.jokosusilo.com

Dalam menyusun strategi bisnis juga bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Beberapa faktor yang dimaksud bisa anda simak dalam ulasan berikut ini :

loading...

Regulasi dan Kebijakan Pemerintah

Tak hanya faktor dari dalam saja yang bisa menghambat strategi bisnis anda untuk diterapkan namun juga faktor eksternal. Salah satu faktor eksternal tersebut ialah regulasi dan kebijakan pemerintah. Bisa saja strategi bisnis yang ingin anda ajukan bertentangan dengan regulasi yang ada sehingga anda menggunakan strategi bisnis yang lain walau lebih merepotkan.

Kompetensi dan Teknologi

Tak hanya itu dalam merancang strategi bisnis tak jarang kompetensi dan teknologi juga bisa menjadi hambatan. Kurangnya sumber daya manusia yang memiliki skill dan kompetensi yang sesuai dengan strategi bisnis bisa membuat anda gagal dalam mengaplikasikan strategi bisnis yang dimiliki. Bukan itu saja teknologi juga bisa menjadi hambatan tersendiri.

Budaya Kerja

Saat menyusun strategi bisnis ternyata budaya kerja juga bisa mempengaruhi keputusan anda dalam menetapkan strategi bisnis yang hendak digunakan. Pengaruh shared value atau budaya kerja ini cukup mendominasi sebab telah digunakan secara turun temurun serta sebagai identitas perusahaan dimata konsumen.

Ambisi Pribadi

Sebagai pemilik usaha tentu anda punya ambisi yang besar untuk mengembangkan bisnis anda. Biarpun begitu anda harus ingat bahwa tak hanya ambisi yang besar saja yang diperlukan namun juga pemikiran yang logis serta kemampuan menangkap peluang yang juga dibutuhkan.

Trik Strategi Usaha Di Tempat Sepi

Dalam menetapkan strategi bisnis khususnya dibidang pemasaran maka lokasi menjadi poin penting yang perlu diperhatikan. Lokasi yang strategis akan menguntungkan toko anda dalam menggaet konsumen baru. Kegiatan promosipun bisa ditekan biayanya dan ampun dalam meningkatkan penjualan dalam waktu singkat. Lalu, bagaimana jika bisnis anda ini dibuka dilingkungan yang sepi? Mengakali hal tersebut anda bisa menyimak trik berikut ini :

  • Promosi Online

Untuk membuat penjualan anda meningkat meskipun lokasi bisnis kurang strategis maka bangun sistem online. Cara membangun sistem online ini ialah dengan gencar berpromosi melalui internet. Pakailah sosial media untuk memperluas pangsa pasar dan mendekatkan konsumen yang potensial. Promosi online juga lebih murah ketimbang memakai promosi offline melalui brosur atau pamphlet yang mungkin kurang efektif diterapkan dilingkungan anda.

  • Delivery Order

Selanjutnya terimalah delivery order untuk menghemat waktu konsumen anda. Strategi jemput bola ini juga sedang tren di masyarakat Indonesia saat ini. Anda bisa bekerja sama dengan transportasi online seperti Go-Jek agar produk atau jasa anda bisa lekas dikenal public. Anda juga bisa membangun website khusus dengan mencantumkan fitur delivery online untuk area yang dekat dengan lokasi bisnis anda.

  • Adakan Event Tertentu

Untuk menarik minat masyarakat anda juga bisa mengadakan sebuah event. Anda bisa mengadakan bakti sosial, diskon besar-besaran, perlombaan bahkan panggung music untuk menarik massa dalam jumlah yang besar.  Anda bisa memberikan voucher belanja di tempat anda sebagai hadiah utama atau berkreasi dengan produk yang anda miliki.

Sampel

Tak jarang para pemilik bisnis ini rela membagikan produknya secara gratis untuk memperkenalkan lokasi bisnis yang dimiliki. Strategi sampel ini sebenarnya tidaklah begitu buruk sebab anda juga bisa meminta review  atas produk yang anda bagi-bagikan. Anda bisa mengantongi kelemahan dari produk yang dimiliki untuk diperbaiki menjadi lebih baik.

  • Ciptakan Daya Tarik Permanen

Walau lokasi bisnis anda menjadi salah stau hambatan untuk membuat produk atau jasa yang anda tawarkan cepat dikenal public maka jangan menyerah hanya karena hal tersebut. anda juga bisa menarik pelanggan dengan daya tarik permanen yang anda ciptakan. Misalnya saja jika anda memiliki bisnis café maka memiliki desain interior yang kreatif dan berbeda bisa jadi daya tarik tersendiri.  Apabila anda memiliki usaha jasa, ada baiknya menawarkan beberapa paket jasa sebagai daya tarik bisa jadi pilihan yang tepat. Sebagai contoh anda memiliki jasa bengkel mobil maka anda juga bisa menawrkan paket pencucian mobil sekaligus.

  • Pertahankan Kualitas dan Layanan

Terakhir, perhatikan kualitas produk anda selalu dalam kondisi yang terbaik serta layanan yang maksimal pula.jika anda ingin mempertahankan bisnis anda dalam jangka waktu yang lama maka jangan batasi kreativitas untuk membuat suatu inovasi. Hal ini karena selera masyarakat cepat berubah dan tren pasar juga ikut mempengaruhi bisnis. Untuk itulah jangan takut untuk membuat hal – hal baru dari usaha anda baik dari segi produk barunya maupun dari segi pelayanannya.

Tips Menghadapi Usaha Yang Sepi

Mengawali memang penting namun mempertahankan jauh lebih sulit ketimbang mengawali apalagi dibidang bisnis. Pangsa pasar bisa saja berubah kapanpun tergantung selera konsumen.  Tak jarang bisnis andapun berujung sepi konsumen yang membuatnya berada diujung kebangkrutan. Sebelum bisnis yang anda rintis benar – benar gulung tikar maka lakukan hal – hal berikut ini :

Segera Lakukan Inovasi Produk

Langkah awal untuk meningkatkan bisnis bisa saja dengan segera melakukan inovasi produk. penjualan yang semakin turun mungkin disebabkan produk yang anda jual sudah tidak sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Masyarakat sudah mendapatkan produk alternative yang jauh lebih baik sehingga menurunkan omset produk anda. untuk itulah penting dilakukan inovasi agar bisnis anda bisa bertahan.

Perhatikan Pesaing Anda

Bisnis menjadi sepi mungkin lebih dikarenakan adanya pesaing yang cukup kuat sehingga produk atau jasa yang anda tawarkan menjadi dinomor duakan di hati pelanggan. Tak ada salahnya anda melakukan survey produk pesaing untuk melihat kelemahan dan keunggulannya dibanding produk anda. Cara ini juga sangat ampuh untuk membuat produk yang lebih baik dari pesaing.

Cek Tren Market Saat Ini

Selanjutnya lakukan analisisi pasar untuk melihat tren saat ini yang lebih disukai masyarakat. Anda bisa menambah referensi inovasi produk anda melalui hasil analisis tren pasar ini. Anda bisa mengecek tren pasar melalui dua cara yakni secara online dan ofline. Untuk mengecek tren pasar secara online bisa melalui google trend. Adapun cara mengecek tren pasar secara offline melalui pengisian survey maupun review produk.

Jangan Lupa Lakukan Evaluasi

Tentunya anda juga perlu evaluasi baik sebelum penerapan strategi bisnis maupun sesudah strategi bisnis dilakukan. Evaluasi ini untuk melihat perubahan yang terjadi setelah dan sebelum diterapkannya strategi bisnis yang anda terapkan.

Harga

Terakhir banyak pula pemilik bisnis yang melakukan strategi harga untuk membuat lonjakan konsumen saat sepi pelanggan. Strategi harga ini sebenarnya memiliki jenis yang mungkin salah staunya cocok untuk diterapkan dalam bisnis anda. beberapa strategi harga tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Discount

Diskon sering dijadikan strategi bisnis yang kerap diterapkan untuk menarik pelanggan. Pemberian diskon ini beragam mulai dari 5% bahkan hingga 90%. Pembeian diskon juga sangat efektif sebab bisa menghabiskan stok gudang yang telah menumpuk. Toko besar juga sering memberika diskon pada hari tertentu seperti menjelang lebaran atau anniversary.

  • Buy 1 Get 1

Selain diskon ada pula strategi buy 1 get 1 untuk memperkenalkan produk baru yang belum cukup dikenal masyarakat. Anda bisa menyandingkan produk yang laku keras dengan produk yang kurang dikenal agar pamornya lekas naik.

  • Standard Markup Pricing

Jika anda memiliki produk yang beragam maka tak ada salahnya menentapkan standard markup pricing. Supermarket besar seperti Carefour juga menetapkan strategi ini pada produk mereka. Nilai mark up ini juga bisa dipakai unruk menutupi biaya overhead perusahaan dan membuat perhitungan menjadi lebih efisien.

  • Free Delivery

Anda juga bisa memainkan strategi harga tak langsung dari produknya namun dari biaya tambahan dalam produk seperti biaya ongkos kirim. Anda bisa menerapkan bebas biaya pengiriman untuk pembelanjaan produk dengan nominal tertentu. selain bisa meningkatkan penjualan produk anda langkah ini juga membuat konsumen berhemat ongkos pengiriman yang sering membelenggu mereka.

  • Unique Price

Jika anda enggan menurunkan harga terlalu rendah dengan diskon atau buy 1 get 1 maka bagaimana jika anda mencoba untuk memakai harga yang unik. Harga yang unik ini dimaksud seperti mengenakan tarif dengan nominal ganjil. Misalnya saja ketimbang memakai harga Rp.1.000.000 akan lebih baik jika anda mengenakan harga Rp.999.999. Sebenarnya dua harga tersebut tidak terpaut cukup jauh namun orang – orang akan lebih memilih harga yang kedua ketimbang yang pertama.

Selain dari segi harga tentu saja pelayanan khususnya bagi anda yang menerapkan sistem online maka harus mengedepankan kecepatan, website yang user-friendly serta respon yang cepat pula. Tak ada salahnya jika anda juga ingin merekrut konsultan sosial media untuk mendongkrak bisnis yang dimiliki karena sepi pengunjung imbas dari lokasi yang tak strategis. Semoga ulasan dalam artikel ini bisa memecahkan masalah bisnis anda termasukusaha di tempat yang sepi. Selamat mencoba!

 

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.