Teknik Membaca Cepat

Teknik Membaca Cepat – Membaca merupakan salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan. Bahkan tidak sedikit orang yang menjadikan kegiatan membaca ini sebagai hobi ataupun me time di waktu-waktu tertentu. Kegiatan membaca sendiri memiliki artian yang cukup luas, mengingat subyek dan obyek dalam kegiatan ini bisa mempengaruhi artian membaca.

Untuk subyek, ada beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai contoh misalkan anak-anak, remaja, orang dewasa,  orang tua, karyawan, dosen, guru, ilmuwan, dan masih banyak subyek-subyek lain. Sedangkan untuk obyek dari membaca sendiri ada cukup banyak yang bisa dijadikan contoh seperti buku pelajaran, materi kuliah, data penelitian, novel, komik, koran, majalah dan lain sebagainya.

Daftar gratis di Olymp Trade:

Apakah anda termasuk salah satu orang yang suka membaca? Jika iya, maka bagaimana style atau gaya membaca yang anda gunakan? Anda suka membaca di tempat sepi, keramaian, dengan suara keras, dengan suara berbisik atau gaya-gaya lainnya? Faktanya, setiap orang memiliki style yang berbeda dalam melakukan kegiatan yang satu ini dan tidak ada style yang bisa dipaksakan dari satu orang ke orang lainnya. Nah, di luar gaya atau kebiasaan yang anda lakukan saat membaca, kali ini kita akan mengulas mengenai teknik membaca cepat.

Pengertian Teknik Membaca Cepat

teknik membaca cepat

Sumber: www.onlinefastread.com

Pada dasarnya membaca cepat merupakan bagian dari kegiatan membaca. Jadi membaca cepat adalah kemampuan membaca dengan fokus pada tujuan membaca itu sendiri. Sedangkan kemampuan membaca cepat merupakan kemampuan seseorang dalam memilih isi bacaan yang sesuai atau relevan dengan kebutuhan si pembaca tanpa harus membuang waktu. Selain itu membaca cepat juga bisa diarikan sebagai kegiatan merespon tulisan dengan pengertian yang tepat dan cepat.

Pada umumnya, tingkat kecepatan membaca pada setiap orang berbeda dan tidak sama. intinya kecepatan membaca cepat itu fleksibel karena pada bagian-bagian tertentu ada kalanya anda harus memperlambat proses membaca untuk disesuaikan dengan materi dan tujuan membaca itu sendiri. Lalu apa definisi dari teknik membaca cepat?

Teknik membaca cepat merupakan sebuah strategi atau cara yang bisa digunakan untuk membaca suatu informasi dengan cepat tanpa meninggalkan esensi dan inti dari kegiatan membaca. Teknik membaca cepat ini akan membantu proses membaca cepat yang anda lakukan berjalan dengan lebih baik.

Petunjuk Membaca Cepat

Pada dasarnya ada beberapa jenis teknik membaca cepat yang bisa anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kita akan membahas tentang teknik membaca cepat ini di ulasan selanjutnya. Namun sebelum itu, anda bisa memperhatikan beberapa petunjuk membaca cepat berikut ini:

  1. Konsentrasi

Petunjuk pertama adalah konsentrasi. Pastikan anda bisa berkonsentrasi penuh untuk membaca. Ini penting dilakukan karena gangguan yang muncul bisa saja merusak acara membaca cepat anda lho.

  1. Jangan Banyak Bergerak

Pada dasarnya, membaca yang baik dilakukan dengan duduk dan diam. Meski begitu banyak juga orang yang suka atau terbiasa membaca sambil berdiri atau berjalan. Untuk bisa sukses membaca cepat, maka anda sebaiknya mengusahakan untuk diam secara fisik.

  1. Perhatikan Gerakan Bola Mata

Untuk bisa membaca cepat, anda harus memperhatikan pergerakan bola mata. Setidaknya anda harus menggerakkan bola mata 3-4 kali untuk setiap baris bacaan.

  1. Minimalkan Pengulangan Gerak Mata

Dalam membaca cepat, anda seharusnya bisa meminimalkan pengulangan gerak mata. Usahakan untuk tidak mengulangi pergerakan atau dengan kata lain hindari untuk mengulang barisan yang sudah dibaca.

  1. Penekanan Pada Kata Kunci

Untuk bisa membaca cepat, anda tidak harus membaca keseluruhan bacaan. Lebih dari itu, anda harus mampu menemukan kata kunci dan menekankan pemahaman aspek satuan dari pikiran, ide ataupun kata kunci saja. Hindari untuk fokus pada unsur-unsur penunjang dan fokus pada gagasan pokok saja.

  1. Atur Kecepatan Membaca

Dalam membaca cepat, anda bisa mengatur kecepatan membaca secara bervariasi. Anda bisa menyesuaikan kecepatan membaca ini dengan tujuan, keperluan dan bahan bacaan itu sendiri.

Teknik Membaca Cepat

teknik membaca cepat

Sumber: www.eileenpease.com

Setelah membahas mengenai definisi hingga petunjuk dalam membaca cepat, maka kini saatnya anda mengetahui tentang teknik yang akan digunakan dalam membaca cepat. Pada umumnya membaca dengan kecepatan tinggi yang bisa dicapai oleh seseorang berkisar antara 250-300 kata per menit dengan perkiraan tingkat pemahaman isi bacaan sekitar 60%-75%.

Nah, anda yang mungkin berniat untuk mulai belajar membaca cepat atau anda ingin meningkatkan kemampuan membaca cepat anda. Berikut ini ada beberapa teknik membaca cepat yang bisa anda gunakan:

  1. Teknik Membaca Cepat – Scanning

Teknik membaca cepat yang satu ini juga dikenal dengan nama atau istilah lain yaitu membaca memiindai. Sebagai informasi saja, teknik scanning ini cukup populer digunakan oleh orang yang membaca cepat. Hal ini karena teknik ini bisa digunakan untuk mencari informasi dengan lebih cepat. Saat membaca cepat, sebelum masuk ke bacaan pasti anda sudah tahu tentang kata kuncinya kan? Nah, ini akan membantu anda untuktetap fokus dalam mencari jawaban.

Teknik yang satu ini akan membuat anda menggerakkan mata dengan cukup cepat di setiap lembar halaman bacaan. Ketika melakukan teknik ini, pastikan anda melihat atau memperhatikan tata tulis dalam bacaan seperti penomoran, langkah-langkah, kata yang dicetak miring atau tebal, ukuran huruf dan lain sebagainya. Ini perlu kamu lakukan karena faktanya banyak penulis yang meletakkan ide pokoknya dengan cara tadi.

Nah, untuk anda yang membaca cepat menggunakan buku standar, maka akan lebih baik jika anda menggunakan indeks untuk menemukan kata kunci.

  1. Teknik Membaca Cepat – Skimming

Teknik yang satu ini merupakan teknik membaca cepat untuk mengidentifikasi ide pokok atau gagasan sebuah bacaan. Atau dengan kata lain teknik membaca cepat skimming ini merupakan teknik untuk membaca sekilas untuk menentukan ide pokok bacaan dan mengambil intisari dari satu bacaan. Dalam mengaplikasikan atau menggunakan teknik ini, anda tidak harus membaca keseluruhan bacaan seperti saat membaca dengan norml. Kecepatan membaca menggunakan teknik ini biasanya bisa 3-4 kali lebih cepat dari cara membaca normal lho.

Biasanya teknik membaca cepat skimming ini digunakan oleh orang yang memiliki begitu banyak daftar bacaan yang harus dibaca atau diselesaikan dalam waktu singkat. Lalu bagaimana cara melakukan teknik membaca cepat skimming?

Pertama, anda harus melihat apakah bacaan tersebut sesuai dengan kebutuhan anda. Ini bisa dilakukan degan melakukan previewing atau membaca cepat judul, sub judul, kalimat pertama dan kalimat terakhir. Previewing ini bertujuan untuk melihat adanya ide pokok atau gagasan yang biasanya ditempatkan di posisi atau area tadi. Selain di beberapa area tadi, anda juga harus tahu bahwa ide pokok atau gagasan suatu bacaan biasanya juga disajikan dalam fakta yang diberikan di tabel, grafik ataupun bagan. Jadi pastikan anda juga melihat bagian-bagian ini.

Sebelumnya, anda perlu tahu juga bahwa teknik membaca skimming ini dilakukan bukan untuk mendapatkan pemahaman secara menyeluruh ya. Sebaliknya, teknik membaca skimming ini digunakan untuk mencari informasi khusus.

Manfaat Membaca

Seperti yang kita ketahui bahwa  membaca merupakan salah satu kegiatan yang memiliki banyak manfaat. Sama halnya dengan sebuah pisau yang perlu diasah agar tetap tajam di setiap sisinya, maka otak juga memiliki kebutuhan yang sama. Semakin sering anda mengasah otak, maka semaki tajam juga daya pikir anda. Nah, yang menjadi pertanyaan adalah apa atau bagaimana cara mengasah otak? Alat apa yang bisa digunakan untuk mengasah otak?

Perlu anda ketahui bahwa salah satu cara terbaik untuk mengasah otak adalah dengan membaca. Bacalah buku sebanyak mungkin untuk membuat daya pikir otak lebih kuat. Anda harus tahu, kegiatan membaca buku menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi otak lho. Selain itu membaca juga bisa membantu anda untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan memperkaya perbendaharaan kosa kata anda.

Selain itu, dengan membaca maka  anda akan mendapat banyak informasi yang mungkin belum pernah anda ketahui. Karena itulah, semakin banyak buku yang anda baca maka semakin banyak pula informasi yang anda peroleh. Informasi-informasi yang anda peroleh dari buku ini pada akhirnya akan membantu anda dalam memahami sesuatu. Nah, selain itu membaca juga memiliki manfaat lain seperti menjauhkan resiko penyakit Alzheimer, meniingkatkan konsentrasi, sarana refleksi dan pengembangan diri, mendukung kemampuan berbicara di depan publik, hingga mengasah kemampuan menulis lho.

Apa yang Harus Dihindari Saat Membaca Cepat?

Untuk bisa menguasai kemampuan membaca cepat, ada beberapa hal yang harus anda patuhi. Salah satunya adalah menghindari kesalahan atau kebiasaan yang bisa membuat kegiatan ini terganggu. Pada dasarnya ada beberapa hal yang harus anda hindari saat melakukan hal ini (membaca cepat). Beberapa larangan tersebut akan diuraikan di daftar berikut ini:

  1. Membaca dengan suara sebaiknya anda hindari saat melakukan membaca cepat ini agar anda bisa lebih berkonsentrasi.
  2. Menggerakkan bibir juga harus anda hindari. Beberapa orang memiliki kebiasaan untuk membaca pelan atau dalam hati tapi tetap menggerakkan bibir.
  3. Menunjuk kata demi kata saat membaca cepat juga tidak diperbolehkan. Hal ini karena jari tangan yang menunjuk bisa membuat anda terganggu dan lupa dengan apa yang dilakukan.
  4. Menggerakkan kepala mengikuti alur bacaan juga sebaiknya dihindari. Tanpa anda sadari gerakan ini akan membuat anda bingung pada satu waktu.
  5. Regresi atau kebiasaan melihat atau membaca berulang bukanlah hal yang baik. Jika anda melakukan ini berarti anda kehilangan konsentrasi.
  6. Membaca dalam hati dengan melafalkan melalui pikiran atau batin juga sebaiknya dihindari.

Keenam hal di atas memang harus anda hindari sebaik mungkin jika anda ingin bisa menguasai atau memiliki kemampuan untuk membaca cepat dengan baik. Tapi tentu anda harus ingat bahwa untuk bisa memiliki dan menguasai kemampuan ini, anda harus rajin berlatih secara rutin. Kemampuan membaca cepat ini secara tidak langsung akan meningkatkan kemampuan anda dalam memahami sesuatu lho.

Manfaat Membaca Cepat

Lalu apakah membaca cepat juga memiliki manfaat yang sama? Meskipun keduanya sama-sama merupakan kegiatan membaca dan mencari informasi, namun membaca dan membaca cepat tidak lah sama. Untuk itulah, manfaat membaca cepat pun sedikit berbeda dengan manfaat membaca cepat yang sudah kita bahas di atas. Untuk mengetahui perbedaannya, berikut ini adalah beberapa manfaat membaca cepat yang perlu anda ketahui:

  1. Memilah Penting Tidaknya Sebuah Informasi

Saat ini bisa dibilang sebagai salah satu moment di mana informasi bisa dengan mudah didapat dan dibagikan. Ada banyak hal yang membuat informasi bersifat mobile  di masayarakat. Mulai dari banyaknya sumber, kecanggihan teknologi, tersedianya media pengantar hingga tingkat keingintahuan orang yang cukup besar.

Fenomena yang biasa disebut ledakan informasi ini sebenarnya memiliki dua dampak utama yaitu negatif dan positif. Sisi positifnya, kini anda tidak perlu kesulitan mencari atau mendapatkan informasi. Tanpa harus keluar rumah saja, anda sudah bisa mendapatkan berbagai informasi yang anda butuhkan.

Kemudian, untuk sisi negatifnya jelas karena terlalu banyaknya sumber dan terlalu mudahnya informasi menyebar, maka anda bisa saja mendapat informasi yang salah atau hoax. Ketidak validan sebuah informasi tidak boleh dianggap sepele karena bisa menimbulkan pro kontra atau bahkan perselisihan.

Di sinilah kegiatan membaca cepat memiliki peranan. Kemampuan anda dalam membaca cepat akan bermanfaat saat anda harus memutuskan apakah sebuah tulisan merupakan informasi penting dan relevan untuk anda dalam waktu singkat. Anda juga tidak perlu membaca buku atau informasi itu dari awal hingga akhir untuk bisa tahu level kepentingan mereka.

  1. Bisa Menguasai Informasi Dengan Cepat

Membaca cepat akan membantu anda lebih cepat menguasai informasi. Sebagai contoh jika seseorang membaca buku setebal 100 halaman dalam waktu 2-3 hari, maka dengan menggunakan teknik membaca cepat anda bisa menyelesaikan proses membaca ini dalam waktu 1 hari saja (ini hanya estimasi saja, tergantung teknik membaca cepat yang digunakan).

Bahkan bagi orang yang sudah terbiasa dengan kegiatan membaca cepat, maka buku setebal 100 halaman tadi bisa diselesaikan hanya dalam hitungan jam saja lho. Benar-benar bisa membantu menghemat waktu tanpa mengurangi esensi dari kegiatan membaca itu sendiri.

  1. Meningkatkan Level Pemahaman

Dengan membaca cepat, maka anda bisa memahami suatu informasi dengan lebih cepat dan lebih baik lagi. Hal ini bisa terjadi karena kegiatan membaca cepat membuat anda lebih fokus pada pokok bacaan dan anda juga bisa melihat dengan lebih jernih kaitan antara paragraph satu dengan paragraph lain yang disampaikan dalam bacaan. Jika anda kurang yakin dengan manfaat membaca cepat di poin ketiga ini, maka anda bisa mencoba mempraktekkannya terlebih dahulu. Cobalah membaca sebuah informasi dengan teknik membaca biasa dan teknik membaca cepat. Rasakan perbedaan keduanya dalam hal pemahaman, penyerapan hingga kesimpulan yang bisa anda ambil dari bacaan tersebut.

  1. Bisa Dengan Mudah Mendapat Inti Dari Informasi

Manfaat keempat dari kegiatan membaca cepat adalah membuat anda bisa bisa mendapat informasi inti dengan lebih mudah. Hal ini bisa terjadi karena anda tidak harus membaca dari kalimat pertama hingga kalimat terakhir untuk bisa memperoleh informasi. Lebih dari itu, anda bisa menggunakan salah satu teknik membaca cepat untuk bisa mendapat inti dari informasi dengan mudah. Kegiatan membaca cepat akan membuat anda bisa tahu lebih cepat pokok masalah atau inti dari suatu bacaan.

Semoga informasi mengenai teknik membaca cepat di atas bermanfaat untuk anda semua ya..

Ayo rajin dan budayakan membaca sejak dini agar generasi muda semakin aware terhadap ilmu pengetahuan dan lingkungan sekitarnya. Jangan biarkan generasi muda terlalu terpaku dengan gadget dan benda-benda elektronik lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya..

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.