Tingkatkan Bisnis Dengan Ancilary Revenue

Apakah Anda pernah mendengar tentang ancillary revenue? Dalam bahasa Indonesia ancillary revenue berarti pendapatan tambahan di luar pendapatan utama sebuah bisnis. Pendapatan tambahan ini memiliki kaitan yang cukup erat dengan pertumbuhan sebuah bisnis. Anda tidak bisa mengabaikannya dan sebisa mungkin dikelola dengan baik.
Pendapatan tambahan di luar pendapatan utama memang terkesan tidak akan berdampak besar. Namun faktanya dalam industri bisnis, keberadaan pendapatan tambahan ini bisa cukup vital. Dalam ulasan kali ini kita akan secara khusus mengulas tentang beberapa industri yang identik dengan ancillary revenue ini. Keduanya adalah industri penerbangan dan industri perhotelan.

Tingkatkan Bisnis Dengan Ancilary Revenue

Ancilary Revenue Dalam Industri Penerbangan
Dalam industri penerbangan, pendapatan tambahan ini diperoleh dari sumber pendapatan non tiket seperti biaya bagasi, dan makanan on board serta layanan tambahan lain yang biasa ada dalam sebuah maskapai penerbangan. Secara khusus pendapatan tambahan di sini seringkali dikaitkan dengan maskapai bertarif murah atau Low Cost Carrier seperti Air Asia untuk di Indonesia. Selain Air Asia sendiri, maskapai Lion Air dan Citilink juga bisa dijadikan contoh. Ketiga maskapai ini memiliki banyak sumber pendapatan di luar pendapatan tiket dan tidak dapat dipungkiri bahwa pendapatan tambahan ini sukses menjadi penyumbang besar dalam total pendapatan mereka.

Sumber: https://2.bp.blogspot.com


Meski bagi beberapa konsumen kemunculan biaya tambahan ini sering membuat jengkel, karena mereka lebih terbiasa dengan maskapai yang memasukkan semua biaya dalam satu paket bersama tiket. Namun kita juga tidak bisa mengabaikan bahwa keberadaan layanan tambahan yang menjadi pendapatan tambahan bagi maskapai ini juga cukup menguntungkan bagi Anda yang suka bepergian dengan memperhitungkan berbagai jenis biaya. Misalkan saja para budget traveler yang notabene ingin bepergian dengan hemat tentunya maskapai bertarif rendah adalah pilihan utama.
Keberadaan pangsa pasar yang luas inilah yang dibidik oleh maskapai bertarif murah. Meskipun sebenarnya harga all-in tiket mereka kurang lebih sama dengan maskapai lain (non LCC), namun adanya biaya tambahan untuk layanan akan membuat tiket mereka terasa lebih murah. Opini inilah yang menggiring pesatnya pertumbuhan konsumen untuk maskapai penerbangan bertarif murah.
Ancilary Revenue Dalam Industri Perhotelan
Untuk industri perhotelan, pendapatan tambahan adalah biaya rental kendaraan dan makanan di luar paket sewa kamar. Kedua pendapatan tambahan ini tidak bisa dipisahkan dari pertumbuhan bisnis perhotelan karena saling berkaitan. Tamu yang menginap di hotel seringkali berasal dari luar kota atau daerah yang pasti membutuhkan akomodasi seperti kendaraan. Memang tidak semua hotel menyediakan layanan tambahan ini karena ada juga beberapa hotel yang lebih memilih bekerja sama dengan perusahaan jasa rental kendaraan dalam menyediakan akomodasi untuk tamunya.
Lalu untuk makanan di luar paket kamar, pihak hotel pasti menyediakan kafe atau restoran di area hotel. Keberadaan kafe dan restoran ini akan memenuhi kebutuhan tamu hotel ataupun pengunjung biasa yang tidak menginap di hotel. Menyediakan makanan lokal dan juga internasional akan membuat konsumen lebih nyaman dalam menentukan pilihan.
Cara Meningkatkan Bisnis Dengan Ancillary Revenue
Satu-satunya cara untuk meningkatkan bisnis melalui ancillary revenue adalah dengan terus memperbaiki layanan yang diberikan kepada konsumen. Selain itu penambahan beberapa menu baru di daftar makanan on-board pada maskapai serta restoran atau kafe hotel tentu akan membuat perbedaan yang berarti di benak konsumen. Keberagaman menu yang ditampilkan akan membuat konsumen lebih leluasa dalam membuat pilihan.
Khusus untuk maskapai penerbangan bertarif murah, penambahan sumber pendapatan lain juga patut dipertimbangkan. Misalkan saja tambahan layanan booking hotel atau rental kendaraan di kota tujuan akan sangat membantu akomodasi konsumen. Sedangkan untuk sumber pendapatan lain yang bisa ditambahkan untuk bisnis perhotelan adalah layanan spa. Layanan ini akan membuat tamu hotel merasa lebih nyaman dan rileks saat menginap di hotel setelah seharian beraktivitas tentunya.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.