Tips Menghemat Biaya Operasional Perusahaan

Biaya operasional merupakan biaya yang muncul di luar dari biaya pembuatan barang atau harga pokok produksi jika perusahaan anda berupa perusahaan manufaktur. Biaya operasional ini mendukung kegiatan perusahaan namun tidak secara langsung pada produk. Biaya operasional terbagi atas dua komponen sub biaya yakni biaya penjualan dan biaya administrasi dan umum. Semua jenis perusahaan pasti memiliki biaya operasional dalam laporan laba ruginya. Tanpa biaya operasional maka produk yang telah siap untuk dijual tidak akan mudah untuk diperdagangkan hingga diterima oleh konsumen.  

Biaya Penjualan

Biaya penjualan merupakan salah satu bagian dalam biaya operasional. Biaya penjualan merupakan pengeluaran yang biasanya digunakan untuk pemasaran produk yang anda tawarkan.  Biarpun biaya ini tak langsung melekat pada produk namun sangat mempengaruhi tingkat penjualan produk yang anda jual.

Biaya Administrasi dan Umum

Biaya operasional juga meliputi biaya administrasi dan umum. Biaya administrasi umumnya meliputi segala hal yang terkait dengan administrasi perusahaan misalnya pemakaian perlengkapan kantor. Biaya umum merupakan biaya yang berkaitan langsung dengan operasi umum perusahaan namun tak termasuk dalam biaya penjualan maupun biaya administrasi. Salah satu contoh biaya umum ialah biaya depresiasi kendaraan yang biasa digunakan untuk mengantar produk anda.

Baca Juga:

Macam –Macam Biaya Operasional

Biaya yang dikeluarkan untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan memang tak sebesar biaya pokok produksi. Biarpun begitu biaya ini juga mampu mengurangi profit yang anda dapatkan untuk setiap produk yang anda jual. Berikut beberapa biaya operasional yang umumnya ada di setiap laporan laba rugi  untuk semua jenis perusahaan :

Sumber : https://www.hashmicro.com/

Biaya Sewa Gedung

Biaya sewa gedung timbul karena adanya pengeluaran biaya sewa terhadap pemilik gedung. Perusahaan biasanya membayarkan biaya sewa untuk periode lebih dari satu tahun dan baru diakui sebagai beban ketika manfaatnya sudah dinikmati.

Biaya Gaji Karyawan

Biaya tenaga kerja langsung memang akan diperhitungkan dalam biaya produksi namun untuk gaji karyawan kantor memiliki perilaku  berbeda. biaya gaji karyawan akan masuk dalam biaya operasional. Besaran gaji  umumnya tetap untuk setiap bulan berbeda dengan biaya upah tenaga kerja langsung yang besarannya berubah-ubah tergantung jam kerja yang dimilikinya.

Biaya Perlengkapan Kantor

Biaya selanjutnya yang termasuk dalam biaya operasional ialah biaya perlengkapan kantor. Biaya perlengkapan  kantor sendiri biasanya meliputi pemakaian alat tulis kantor dan biaya habis pakai lainnya yang digunakan di luar untuk memproduksi barang.

Biaya Internet & Telepon

Selanjutnya ada biaya internet dan telepon yang ditagihkan setiap bulan. Kini banyak perusahaan mengandalkan komputerisasi untuk pembukuannya bahkan menggunakan internet untuk menghasilkan informasi secara real time di setiap departemen. Biaya telepon walau tidak melekat secara langsung pada produk namun mampu mengurangi laba anda.

Biaya Listrik

Tentu setiap perusahaan membutuhkan tenaga listrik untuk menunjang aktivitas kerjanya. Listrik tak hanya dibutuhkan untuk administrasi saja namun juga untuk mampu menggerakkan alat kerja yang anda miliki.

Biaya Jasa Konsultan

Ada pula beberapa perusahaan yang menggunakan jasa konsultan untuk membantu menangani masalah perusahaan. Biaya jasa konsultan ini bisa melingkupi konsultan pajak maupun keuangan. Ada pula perusahaan yang menggunakan jasa lawyer untuk kebutuhan legalitas perusahaan yang dimilikinya.

Biaya Penyusutan

Biaya penyusutan merupakan alokasi biaya perolehan yang dibebankan selama masa asset tetap tersebut masih dapat digunakan. Biaya penyusutan sendiri memiliki beberapa perhitungan seperti garis lurus, jam jasa, hasil produksi dan beban berkurang. Beban ini merupakan transaksi non kas namun mampu mengurangi laba yang anda hasilkan.

Biaya BPJS

Saat ini setiap perusahaan diwajibkan pemerintah untuk mengikuti layanan badan penyelenggara jaminan social baik kesehatan maupun ketenagakerjaannya. Biaya BPJS sendiri ditagihkan setiap bulan kepada perusahaan.loading…

Biaya Pemeliharaan

Tak jarang gedung maupun alat kerja yang anda gunakan memerlukan perbaikan atau servis. Biaya ini juga dibebankan kepada perusahaan agar roda aktivitas perusahaan tetap berjalan. Biaya pemeliharaan bisa meliputi gedung, kendaraan bahkan alat kerja dan alat inventaris kantor.

Biaya Perjalanan Dinas

Selanjutnya ada biaya perjalanan dinas yang mampu mengurangi profit anda. Biaya perjalanan dinas merupakan biaya yang dikeluarkan untuk mengakomodasi karyawan saat ada tugas di luar kantor. Biaya perjalanan dinas sendiri meliputi biaya transportasi, akomodasi dan uang saku untuk makan selama dinas.

Biaya Iklan

Untuk membuat produk anda diterima oleh pasar biasanya produk akan diiklankan dahulu. Iklan ini bisa melalui radio, TV bahkan secara online. Untuk menjual produk secara online memang gratis karena banyak marketplace yang menyediakan toko online secara gratis. Seiring dengan semakin banyaknya produsen yang memilih menjual online maka persainganpun tinggi. Anda mau tidak mau harus menyewa jasa influencer dan SEO agar produk anda bisa muncul di halaman pertama mesin pencari.

Overtime Cost

Tak jarang karyawan anda juga harus lembur dan membuat anda menanggung biaya lembur. Nilai biaya lembur terkadang bisa lebih tinggi ketimbang upah atau gaji per jam karyawan tersebut.

Selain biaya diatas sebenarnya masih ada biaya lainnya tergantung kebutuhan perusahaan masing-masing. Biarpun begitu biaya diatas umumnya dimiliki oleh semua jenis perusahaan mulai dari perusahaan jasa, dagang hingga manufaktur.

Mengapa Biaya Operasional Perlu Dihemat?

Biaya operasional walau tidak secara langsung melekat dalam produk namun tetap perlu anda hemat. Ada beberapa alasan kenapa anda perlu menghemat biaya operasional diantaranya ialah sebagai  berikut :

  • Memaksimalkan Keuntungan

Dengan menghemat biaya operasional anda bis amemaksimalkan laba bersih yang anda dapat. Walau  nilai dari biaya operasional tidak sebesar biaya produksi namun mampu memperkecil laba bersih anda bahkan lebih dari 50 % nya.

  • Mencegah Berlaku Boros

Dengan menghemat biaya operasional juga melatih anda untuk bekerja lebih efektif dan efisien. Siapa tahu cara kerja anda saat ini tidak tepat karena tidak efisien dan efektif sehingga biaya yang digelontorkan juga jauh lebih besar.

  • Menawarkan Harga Yang Terjangkau Bagi Konsumen

Tidak hanya mempengaruh laba perusahaan anda saja namun juga konsumen. Biaya operasional yang besar pasti juga meningkatkan harga jual suatu produk. Jika penjualan sebuah produk tinggi maka konsumen akan kesulitan untuk membeli produk yang anda miliki.

Bagaimana Menghemat Biaya Operasional Perusahaan ?

Anda yang ingin menghemat biaya operasional terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan. Berikut beberapa trik yang bisa anda implementasikan dalam menghemat biaya operasional yang anda miliki saat ini :

Manfaatkan Teknologi

Untuk menghemat penggunaan alat tulis kantor anda bisa beralih dengan teknologi. Untuk pembuatan faktur maupun laporan manfaatkan teknologi untuk menghasilkan laporan atau faktur digital. Selain menghemat biaya kertas anda juga mendorong kerja lebih efisien. Selain itu teknologi saat ini mampu menghemat biaya transportasi dan komunikasi. Untuk rapat bisnis saja anda bisa mengandalkan aplikasi video call yang mampu mengurangi biaya dan energi anda.

Batasi Perjalanan Dinas

Selanjutnya ialah menghemat biaya perjalanan dinas. Biaya perjalanan dinas ini bisa saja membengkak jika anda sering bepergian dengan pesawat menggunakan kelas bisnis. Apabila penerbangan anda hanya berdurasi singkat sebaiknya pilih kelas ekonomi saja. kurangi untuk mengadakan rapat di luar kantor seperti hotel berbintang. Amda bisa mengadakan rapat di kantor anda atau menggunakan video call untuk menghemat waktu dan tenaga.

Bijak Dalam Penggunaan Listrik

Selain itu berusahalah menghemat biaya listrik dengan lebih bijak dalam pemakaiannya. apabila anda sedang tidak memakai peralatan elektronik seperti AC maupun computer dan lampu maka matikanlah agar tidak boros listrik. Pilihlah alat elektronik yang memiliki kelebihan dalam menghemat listrik. Peralatan elektronik jenis ini biasanya lebih mahal dari peralatan elektronik pada umumnya namun manfaat yang anda dapatkan jauh lebih besar ketimbang harga belinya.

Atur Jadwal Cuti Karyawan Anda

Perihal upah lembur anda bisa mengatur jadwal cuti karyawan anda. Dengan jadwal cuti ini anda tidak akan berada dalam kondisi kekurangan karyawan sehingga mencegah lembur terjadi dikemudian hari. Selalu tetapkan deadline agar pekerjaan selesai sesuai dengan waktu yang ditentukan. Biasakan karyawan anda untuk mampu membuat skala prioritas dari setiap pekerjaan yang diberikan.

Kurangi Pelatihan Yang Tidak Penting

Memberikan pelatihan kerja memang penting untuk meningkatkan kompetensi karyawan anda.  Untuk menghemat biaya operasional perusahaan anda juga perlu mengurangi pelatihan yang tidak perlu. Biasakan karyawan anda untuk mau belajar sendiri agar kemandirian dan keuletan yang dimiliki semakin meningkat.

Optimalkan Kinerja Karyawan

Anda juga bisa memotivasi karyawan untuk bekerja lebih optimal agar pekerjaan cepat selesai. Selain itu minimalisir merekrut karyawan baru jika anda tak ingin mengeluarkan biaya lebih untuk training karyawan baru. Usahakan waktu mereka digunakan untuk bekerja bukan untuk kepentingan lain saat jam kerja.

Manfaatkan Promo dan Kumpulkan Cashback

Kini banyak transaksi lebih mudah dilakukan secara online dan memberikan berbagai promo menarik. Sebagai contoh tak sedikit pula e-commerce yang memberikan layanan pembayaran tagihan bulanan seperti listrik, air, internet dan telepon. Anda bisa melakukan pembayaran tagihan bulanan anda dengan memanfaatkan promo e-commerce tersebut untuk mendapatkan cashback yang dapat anda pakai untuk potongan tagihan di bulan selanjutnya.

Evaluasi Penggunaan Fasilitas Perusahaan

Untuk menunjang aktivitas bisnis biasanya perusahaan menyediakan fasilitas tertentu bagi karyawannya. Fasilitas ini bisa berupa rumah dinas, internet hingga kendaraan. Coba evaluasi apakah penggunaan fasilitas perusahaan sudah tepat sasaran atau belum. Sebagai contoh apakah kendaraan yang disediakan memang dipakai untuk kepentingan perusahaan atau malah untuk kepentingan pribadi.

Batasi Penggunaan Internet Yang Tidak Perlu

Selanjutnya batasi penggunaan internet anda untuk kegiatan yang tidak berhubungan dengan pekerjaan. Karyawan boleh saja menggunakan wifi kantor namun harus di luar jam kerja dan tidak menyalahi waktu yang telah ditentukan oleh pihak perusahaan. Semakin banyak perangkat yang mengakses internet tentu akan membuat daya kerja internet anda juga akan menurun atau lemot. Himbau karyawan anda untuk tidak menggunakan internet yang bertujuan kepentingan pribadi pada jam kerja apalagi dipakai untuk download film yang membutuhkan kuota internet yang besar.

Recycle

Anda juga bisa menghemat biaya operasional dengan melakukan recycle. Dengan melakukan recycle anda juga bisa memanfaatkan sumber yang ada dengan maksimal. Misalnya saja penggunaan kertas untuk kebutuhan presentasi bisa digunakan lagi untuk catatan ataupun kertas perhitungan.

Cara Meningkatkan Laba Perusahaan Selain Menghemat Biaya Operasional

Tujuan utama menghemat biaya operasional ialah demi meningkatkan laba perusahaan.  Selain menghemat biaya operasional anda juga bisa meningkatkan laba perusahaan dengan beberapa cara berikut ini :

  • Negosiasi Dengan Supplier dan Vendor

Langkah pertama yang bisa anda lakukan ialah menghemat biaya produksi dengan negosiasi kepada vendor dan supplier. Cobalah berunding untuk mendapatkan harga yang lebih murah untuk bahan baku maupun persediaan lainnya agar harga pokok penjualannya juga bisa turun.

  • Perkuat Promosi

Tidak lupa perkuat promosi anda agar mampu meningkatkan penjualan. Pendapatan bisa saja tidak bertambah karena promosi yang kurang efektif. Jika anda terbiasa menggunakan promosi offline maka kini saatnya beralih memakai promosi online yang mampu menjangkau pasar yang lebih luas. Cara berpromosi kini juga lebih beragam namun untuk mendapatkan perhatian public ciptakan iklan yang unik dan kreatif. Semakin unik dan kreatif iklan anda tentu banyak orang akan mengingatnya.

  • Berinovasi

Jika penjualan anda tak kunjung naik mungkin saja anda perlu berinovasi. Bisa saja konsumen merasa bosan dengan produk anda yang itu-itu saja sedangkan trend kini sudah berubah. Dengan berinovasi bukan berarti menghilangkan konsumen setia anda namun malah sebagai upaya menghimpun konsumen baru.

  • Manfaatkan Membership dan Promo

Salah satu strategi marketing untuk meningkatkan penjualan bisa saja dengan menggunakan membership dan aneka promo. Berikan diskon atau penawaran khusus bagi konsumen anda yang menjadi member. Membership ini juga suatu langkah untuk lebih mempererat hubungan korporasi dengan pelanggannya. Sesekali anda juga bisa memberikan penawaran menarik seperti gratis ongkir untuk hari special seperti launching produk baru maupun anniversary.

  • Bangun Komunitas Marketing

Selanjutnya bangunlah komunitas marketing untuk lebih memperluas pangsa pasar anda. Ajak konsumen untuk terlibat dalam promosi produk anda dan setiap produk yang berhasil mereka jual akan diberikan komisi. Beberapa brand yang berhasil membangun komunitas marketing dengan melibatkan konsumennya sendiri ialah sophie martin dan oriflamme.

  • Tingkatkan Pelayanan Anda

Selanjutnya tingkatkan pelayanan produk maupun jasa anda melalui pelatihan karakter karyawan. Apapun situasinya karyawan anda harus tetap bisa menghandle komplain maupun pertanyaan dari pihak konsumen. Anda juga bisa menggunakan chatbot untuk menghemat biaya gaji pegawai untuk kebutuhan customer service. Layanan chatbot ini juga dinilai lebih cepat merespon kebutuhan konsumen dan bisa melayani 24 jam penuh kapanpun dan dimanapun konsumen anda berada.

  • Olah Produk Yang Tak Laku

Produk yang tak berhasil dijual tentu juga membawa kerugian bagi anda. Oleh karenanya olah kembali produk tersebut menjadi produk baru yang lebih berdaya jual. Anda juga bisa menawarkan produk yang tak laku tersebut ke pihak lain yang lebih membutuhkan dengan harga yangl lebih murah ketimbang membiarkannya rusak begitu saja di gudang.

Itulah tadi beberapa cara meningkatkan laba selain menghemat biaya operasional. Selalu lakukan evaluasi agar anda bisa mengecek apakah kebijakan yang anda tetapkan berjalan secara efektif dan efisien. Terkadang anda harus mengeluarkan modal yang lebih besar untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar pula di masa depan. Oleh karena itu selalu berpikir kedepan agar kinerja perusahaan anda semakin optimal dna bertahan disetiap trend yang ada.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.