Tips Renovasi Rumah Murah

Tips Renovasi Rumah Murah – Rumah merupakan tempat di mana anda menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang terkasih. Selain itu, banyak orang menjadikan rumah sebagai media investasi terbesar dalam hidupnya. Jadi tidak ada yang salah jika anda melihat orang membangun rumah impiannya dengan totalitas. Tidak semua orang memang memiliki kemampuan yang sama dalam membangun rumah impiannya, dan setiap orang memiliki impian yang berbeda. Namun, eksistensi rumah dalam hidup seseorang menjadi hal yang vital dan merupakan kebutuhan utama.

Merawat dan Memelihara Rumah

tips renovasi rumah murah

Sumber: Brownstoner.com

Sama halnya dengan tubuh manusia, anggota keluarga, kendaraan, benda favorit hingga binatang peliharaan, rumah juga perlu dirawat dan dipelihara dengan baik. Meskipun rumah terdiri dari material bangunan, namun anda juga harus sadar bahwa material ini memiliki usia atau ketahanan yang berbeda. Layaknya tubuh manusia yang sakit, rumah juga bisa mengalami kerusakan ringan atau parah. Sebagai pemilik, sudah menjadi kewajiban bagi anda untuk melakukan pemeliharaan secara berkala agar hunian anda tetap nyaman ditinggali.

Daftar gratis di Olymp Trade:

Faktanya, letak rumah, material bangunan yang dipakai, cuaca hingga pemeliharaan yang tidak tepat bisa mempengaruhi kondisi rumah lho. Hanya karena anda yakin bahwa material bangunan yang dipakai merupakan kualitas A, bukan berarti anda bisa mengabaikan kegiatan pemeliharaan. Secara Β rutin, anda harus membersihkan rumah dengan baik untuk menjaga material bangunan tetap berada pada kondisi terbaiknya. Kemudian, secara berkala, anda harus melakukan pemeliharaan seperti pengecatan ulang hingga renovasi bagian-bagian rumah yang memang membutuhkan perbaikan.

Untuk pemeliharaan rutin setiap hari tentu tidak menyita waktu atau biaya, namun pemeliharaan secara berkala akan membutuhkan alokasi dana dan waktu yang tidak sedikit. Karena itulah cukup banyak orang yang ragu untuk melakukan renovasi rumah, mengingat biaya dan waktu yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Setidaknya anda harus mengalokasikan dana untuk membeli material bangunan baru, membayar upah pekerja dan biaya-biaya lainnya.

Sebelum anda memutuskan untuk menghindari renovasi rumah, sebaiknya anda membaca ulasan ini karena kali ini kita akan mengulas mengenai tips renovasi rumah murah. benar, tips yang akan kita bagikan kali ini bisa membantu anda merenovasi rumah dengan biaya yang lebih rendah.

Tips Renovasi Rumah Murah

tips renovasi rumah murah

Sumber: Chinahouse-ca.com

Merenovasi rumah bukanlah hal yang mudah dari segi biaya dan waktu. Anda membutuhkan banyak pertimbangan sebelum memutuskan untuk merenovasi rumah. Hal ini wajar karena rumah merupakan salah satu investasi dalam hidup anda yang paling berharga. Untuk melakukan renovasi, anda bisa mengagendakannya secara berkala lho. Dengan begini, maka anda tidak terlalu kesulitan dalam mengatur waktu dan anggaran.

Idealnya renovasi rumah bisa dilakukan dalam waktu 5-10 tahun sekali. Namun, kembali lagi pada anda sebagai pemilik, renovasi rumah bisa anda lakukan kapanpun anda mau. Perlu anda ketahui bahwa pada dasarnya rumah bisa bertahan lebih lama hingga 50 tahunan, tapi sedikit demi sedikit kerusakan akan terlihat di usia 5-10 tahun pertama.

Mengingat biaya renovasi yang terbilang tidak murah, tentu anda harus mempersiapkan segalanya. Nah, berikut ini ada beberapa tips renovasi rumah murah yang bisa anda ikuti agar biaya renovasi tidak membengkak dan kondisi keuangan tetap stabil:

Tips Renovasi Rumah Murah – Pahami Rumus Dasar Renovasi

Dalam merenovasi rumah, anda memang akan meminta bantuan orang lain seperti jasa pemborong, tukang, ataupun kontraktor. Meski begitu, bukan berarti anda bisa membutakan atau menulikan diri dari segala hal yang berkaitan dengan pembangunan rumah kan?

Sebagai langkah awal anda harus mengenalkan diri pada cara perhitungan biaya renovasi. Tanpa bantuan tukang dan kawan-kawannya seharusnya anda mampu membuat perhitungan biaya. Jika anda takut melakukan kesalahan, jangan khawatir karena saat ini ada konsultasi online dari para penyedia layanan konsultasi bangunan online. Manfaatkan hal ini untuk keuntungan renovasi hunian anda.

Tips Renovasi Rumah Murah – Buat Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Rencana anggaran biaya menjadi salah satu hal yang harus and persiapkan sebelum renovasi rumah dilakukan. Mengingat renovasi rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit, maka anda tidak boleh lupa untuk melakukan perhitungan dengan teliti dan cermat. Pada dasarnya RAB mirip dengan pembukuan, di mana anda akan menghitung secara rinci mulai dari perkiraan biaya upah, material bangunan dan lain sebagainya. Anda harus tahu bahwa RAB ini dibuat untuk membantu proses renovasi rumah berjalan dengan lancar dan sesuai dengan anggaran yang anda miliki. RAB juga turut membantu anda dalam menekan dan menghindari keinginan untuk merenovasi bagian atau area rumah yang tidak perlu direnovasi.

Tips Renovasi Rumah Murah – Skala Prioritas

Faktanya, dalam melakukan atau memutuskan segala hal akan lebih baik jika kita menggunakan skala prioritas. Dalam hal merenovasi rumah, anda juga harus sadar bahwa skala prioritas akan membuat anda bisa menekan biaya renovasi menjadi lebih rendah. Ketahuilah, bahwa bangunan rumah anda pada dasarnya memiliki usia atau ketahanan masing-masing sehingga kerusakan yang dialami tidak sama. Misalkan saja bagian tembok dan atap/genteng, kedua area ini memiliki ketahanan yang berbeda dan anda harus mengetahuinya.

Jadi jika memang bagian atap atau area belakang rumah yang mengalami kerusakan, maka sebaiknya anda fokus untuk merenovasi bagian itu saja. Dengan begini maka anda bisa merenovasi rumah dengan efektif dan efisien. Jangan setiap kali melakukan renovasi,anda merenovasi besar-besaran dan keseluruhan. Ini bisa membuat keuangan anda tidak stabil. Intinya, skala prioritas ini akan membantu anda menghindari biaya pengeluaran yang tidak diinginkan.

Tips Renovasi Rumah Murah – Hindari Menggunakan Jasa Arsitek

Baiklah, beberapa orang yang tidak mau ambil pusing dan memiliki dana cukup seringkali menggunakan jasa arsitek untuk merenovasi huniannya. Jika anda memang berniat mengikuti tips renovasi rumah murah berikut ini, maka buang jauh-jauh pilihan untuk menggunakan jasa arsitek. Apalagi jika kondisinya anda hanya memperluas rumah, menambah lantai, membuat kamar mandi, merubah tampilan dapur, mengganti atap atau perbaikan-perbaikan lain, maka hilangkan keinginan untuk menyewa jasa arsitek.

Ketahuilah bahwa anda memerlukan jasa arsitek jika anda butuh menggambar denah rumah untuk keperluan pembuatan IMB renovasi rumah. Jadi sekali lagi pastikan anda tahu apa yang dibutuhkan agar anda tidak membuang uang sia-sia hanya karena info atau pengetahuan yang tidak mumpuni.

Tips Renovasi Rumah Murah – Jasa Pemborong untuk Budget Mepet

Berkaitan dengan poin sebelumnya, di mana anda tidak membutuhkan jas arsitek, maka anda harus ingat untuk mengkomunikasikan keinginan dengan pihak terkait (pemborong atau kontraktor) dalam merenovasi rumah. Pada dasarnya ada dua penyedia jasa yang bisa anda pakai dalam pengerjaan renovasi hunian yaitu jasa kontraktor dan jasa pemborong.

Mengingat pada ulasan kali ini kita fokus pada tips renovasi rumah murah, maka anda harus tahu bahwa jasa kontraktor dan jasa pemborong memiliki perbedaan yang signifikan. Salah satu perbedaan yang mencolok tentu terletak pada biaya jasanya. Untuk menggunakan jasa kontraktor, tarif minimal Rp. 1.5 juta per meter persegi harus anda keluarkan. Nominal ini tinggal anda kalikan dengan luas hunian/area yang akan direnovasi.Β  Totalnya tentu tidak sedikit kan?

Untuk itulah, demi menghemat biaya renovasi, anda bisa beralih menggunakan jasa pemborong. Biasanya biaya renovasi dari jasa pemborong lebih murah dibandingkan dengan jasa kontraktor. Untuk masalah kualitas, anda tidak perlu khawatir, karena ada banyak jasa pemborong yang memiliki kualitas setara dengan jasa kontraktor. Hasil yang akan anda terima kembali lagi pada pilihan jasa pemborong. Untuk mendapatkan kualitas dan hasil bagus, maka anda bisa memilih jasa pemborong yang berpengalaman dan terpercaya.

Sebagai informasi tambahan saja, jika anda akan menggunakan jasa pemborong dalam renovasi rumah maka sebaiknya anda menggunakan Surat Perjanjian Kontrak Kerja. Surat ini akan menghindarkan anda dari kecurangan-kecurangan yang mungkin saja dilakukan oleh penyedia jasa. Selain faktor biaya, faktanya kebutuhan renovasi juga bisa menjadi faktor pendukung dalam memilih penyedia jasa lho. Jika anda melakukan renovasi kecil dan tidak rumit, maka jasa pemborong lebih cocok untuk anda. namun, jika anda melakukan perubahan struktur bangunan secara keseluruhan, maka jasa kontraktor bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tips Renovasi Rumah Murah – Gunakan Sistem Upah Harian

Poin yang ini masih berkaitan dengan poin yang sebelumnya, di mana sudah dikatakan bahwa untuk menekan biaya renovasi rumah, maka akan lebih baik jika anda menggunakan jasa pemborong. Faktanya, jasa pemborong juga bisa membebani biaya renovasi rumah yang harus anda keluarkan jika, anda menggunakan sistem upah yang tidak tepat. Dalam membayar jasa pemborong ada dua sistem yang bisa anda gunakan yaitu sistem upah harian dan sistem upah borongan. Kedua sistem ini berbeda dan bisa menghasilkan nominal yang cukup jauh lho.

Jadi untuk sistem upah harian, maka upah dihitung berdasarkan satuan hari bekerja. Jadi jika pengerjaan renovasi rumah dilakukan dalam 15 hari dengan upah Rp. 100.000 perhari maka total upah yang harus dibayar adalah 15 x Rp. 100.000 yaitu Rp. 1.500.000. Biasanya upah harian ini dibayarkan semminggu sekali atau sebulan sekali berdasarkan kesepakatan. Pengeluaran anda akan lebih terkontrol jika menggunakan sistem upah harian.

Lalu untuk sistem upah borongan, maka anda membayar upah sesuai dengan biaya upah yang disepakai. Jadi misalkan di awal perjanjian, anda ingin merenovasi kamar tidur dan kamar mandi maka pemborong akan menawarkan nominal harga jasa sekian juta rupiah per meter perseginya. Kesepakatan harga ini juga diputuskan tidak hanya berdasarkan luas area yang direnovasi tetapi juga perkiraan lama pengerjaan dan biaya material. Perlu anda ketahui bahwa sistem upah borongan ini biasa rentan penipuan karena anda sebagai pemilik rumah tidak tahu pasti rincian upah harian tukang, biaya material bangunan dan total biaya renovasi. Jadi pada dasarnya pemilik rumah lebih diuntungkan jika sistem upah harian digunakan.

Tips Renovasi Rumah Murah – Gunakan Material Bangunan Bekas

Beberapa dari anda mungkin memiliki simpanan bahan bangunan sisa dari renovasi sebelumnya. jika memang kondisi materialnya masih bagus, layak dan kualitasnya tidak menurun, maka anda bisa menggunakannya lagi. Jangan hanya karena gengsi atau jaim dengan tetangga sebelah, lalu anda dengan seenaknya membuang material-material layak pakai tersebut dan membeli material yang baru. Selain sayang materialnya, anda jadi harus mengeluarkan biaya lebih kan?

Selain material bangunan bekas, benda-benda seperti pintu, jendela, pecahan marmer atau keramik juga bisa anda manfaatkan kembali lho. Jika secara ketahanan masih bagus, maka jendela dan pintu bisa anda vernis ulang dan digunakan kembali. Lalu untuk pecahan-pecahan keramik atau marmer, anda bisa menggunakannya untuk mempercantik rumah. Kreatifitas anda tentu tidak terbatas, dan anda bisa memanfaatkannya dalam merenovasi rumah

Tips Renovasi Rumah Murah – Beli Bahan Bangunan Sendiri

Ada banyak hal yang harus dilakukan dalam merenovasi rumah. Selain memilih jasa pemborong, anda juga harus menyediakan dana untuk membeli material bangunan. Jika anda menyerahkan semua pekerjaan untuk membeli material pada pihak pemborong, maka bisa dipastikan anda tidak perlu repot dan membuang waktu berbelanja material.

Namun, di sisi lain anda juga harus tahu berbelanja material bangunan ini juga bisa menjadi celah bagi penyedia jasa yang nakal. Mereka bisa menaikkan harga material atau membeli material kualitas B dengan nota kualitas A. Intinya ada banyak celah yang bisa dimasuki oleh pemborong nakal jika anda meminta mereka berbelanja bahan bangunan.tidak hanya itu, anda juga akan dibebankan biaya atau ongkos pembelian untuk penyedia jasa lho.

Mengingat anda ingin melakukan renovasi dengan biaya yang murah, jelas anda harus berbelanja material bangunan sendiri. Meskipun memang sedikit merepotkan dan anda harus meluangkan waktu, tapi setidaknya anda akan mendapat material sesuai keinginan dan dengan biaya yang sesuai. Selain itu anda juga mendapatkan keuntungan berupa pengetahuan tentang material bangunan yang mungkin selama ini tidak anda ketahui.

Tips Renovasi Rumah Murah – Tidak Ada Salahnya Mengajak Toko Material Sebagai Rekanan

Perlu anda ingat bahwa tips renovasi rumah murah yang satu ini sebaiknya anda berlakukan jika anda melakukan renovasi skala menengah hingga besar. Kenapa? Karena faktanya toko bangunan akan merasa lebih senang jika anda berbelanja di tokonya dalam jumlah banyak. Jadi sebaiknya anda mencari atau melakukan survey kecil-kecilan untuk mencari toko bangunan yang sesuai. Cari tahu juga apa mereka bersedia untuk menerima pesanan dengan pembayaran mengangsur. Hal ini penting untuk anda cari tahu, mengingat anda akan memanfaatkan manfaat angsuran ini agar beban biaya renovasi rumah tidak terlalu besar.

Apa ada pihak toko bangunan yang mau? Anda harus tahu bahwa beberapa toko bangunan juga peduli dengan tingkat penjualan di tokonya. Dengan menerima pembelian besar dengan cara mengangsur akan membantu mereka memenuhi target penjualan kan? Untuk itulah sebelum memutuskan untuk membeli di toko bangunan mana, anda harus mencari tahu dulu tentang kelengkapan bahan bangunan di toko tersebut, kemudahan cara pembayaran hingga pemilik toko yang mau diajak rekanan.

Tips Renovasi Rumah Murah – Renovasi Sesuai Kebutuhan

Bagi anda yang akan atau ingin melakukan renovasi rumah, penting untuk diingat bahwa rumah yang akan direnovasi adalah rumah anda. Karena itulah jangan biarkan rasa iri, gengsi, jaim dengan saudara, tetangga atau rekan anda dalam merenovasi rumah membuat anda harus mengeluarkan dana berlebih. Hindari membanding-bandingkan proses renovasi rumah anda dengan rumah orang lain, karena kebutuhan dan biaya tiap orang berbeda.

Jangan pula hanya karena ingin menyaingi tetangga lalu anda meminjam uang ke pihak lain untuk merenovasi rumah. Jika ini terjadi, maka bukannya keuangan stabil, anda akan terlilit hutang di masa depan. Ingat, sekali jatuh di luubang hutang maka anda akan kesulitan untuk bangun dari hutang.

Nah, semoga tips renovasi rumah murah di atas bermanfaat untuk anda ya.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.