Travel Umrah Murah, Amankah?

Travel Umrah Murah, Amankah? – Saat ini semua hal bisa dijadikan bisnis, termasuk masalah beribadah contohnya haji dan umrah. Faktanya cukup banyak pihak swasta yang ikut berkecimpung dalam bisnis ini. Pada dasarnya ada cukup banyak faktor yang melatar belakangi kenapa bisnis ini semakin menjamur dan memancing banyak pihak untuk ikut masuk ke dalamnya.

Nah, semakin banyaknya bisnis travel umrah yang ada, ternyata ini juga dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung  jawab untuk mengambil keuntungan lho. Salah satunya dengan penipuan berkedok travel umrah murah. jadi apakah travel umrah murah itu aman?

Kenapa Bisnis Travel Umrah Semakin Menjamur di Indonesia

Travel Umrah Murah

Sumber: www.ayobisnisumrah.com

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia menjadi penyumbang terbesar jumlah peserta haji dan umrah. Hal ini bisa terjadi karena Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk beragama islam paling banyak di dunia. Jumlah penduduk beragama islam yang besar membuat Indonesia menjadi target pasart yang menguntungkan.

Daftar gratis di Olymp Trade:

Beberapa dari kita pasti beranggapan, kenapa saat ini ibadah seperti haji dan umrah harus dikomersilkan? Bukankah ini membuat esensi ibadah menjadi berbeda? Faktanya, keberadaan layanan haji dan umrah tidak hanya menguras uang anda. lebih dari itu, layanan umrah dan haji dari pihak swasta ini ikut memudahkan anda dalam menjalankan ibadah.

Katakan saja, dalam paket umrah yang disediakan oleh travel pasti sudah mencakup kapasitas air zam-zam yang bisa dibawa pulang hingga tour ke obyek wisata atau negara di sekitar Arab Saudi. Poin-poin plus yang dihadirkan oleh mereka inilah yang menarik minat masyarakat dalam memilih travel umrah. Nah, di luar itu semua pasti anda penasaran kenapa bisnis travel umrah ini menjamur di Indonesia kan? Kita akan mengulas alasan-alasannya berikut ini:

  1. Keuntungan yang Menjanjikan

Alasan pertama yang mendasari menjamurnya bisnis travel murah di Indonesia adalah keuntungan yang menjanjikan. Anda harus tahu bahwa perputaran industri umrah di Indonesia mencapai angka Rp. 12 triliun per tahun. Nilai bisnis ini memang melibatkan angka-angka besar dan bahkan jika bisa dioptimalkan, devisa dari bisnis ini sangat sulit untuk ditolak. Nah, hal ini menjadi salah satu faktor yang membuat umrah menjadi incaran bisnis banyak orang, termasuk para pengusaha nakal yang hanya ingin memperoleh keuntungan semata.

  1. Mencari Amal dan Pahala

Alasan selanjutnya yang mendasari kenapa bisnis umrah menjamur di Indonesia adalah keinginan untuk beramal dan mendapat pahala dengan membantu orang lain yang ingin menunaikan ibadah umrah. Poin kedua ini memang tidak dimiliki oleh setiap orang yang berkecimpung di bisnis ini, mengingat setiap bisnis selalu berorientasi pada profit. Namun, jika bisnis umrah ini dijalankan dengan strategi dan kebijakan yang benar, maka niat awal untuk membantu orang lain akan tetap ada dan bisa membuat bisnis umrah anda semakin baik ke depannya.

  1. Permintaan Pasar yang Tinggi

Dibandingkan beberapa tahun lalu, saat ini umrah tidak lagi menjadi barang mahal untuk masyarakat Indonesia. Selain karena faktor masa tunggu ibadah haji mencapai 10-15 tahun di Indonesia, ketentuan yang lebih mudah dan kuota besar membuat umrah menjadi jalan alternatif bagi siapapun yang ingin segera menginjakkan kaki di tanah suci.

Bahkan, banyak orang Indonesia yang pergi umrah berkali-kali hanya karena belum bisa naik haji yang disebabkan oleh masa tunggu yang terlalu lama. Pada akhirnya jumlah peminat umrah selalu meningkat berkali-kali lipat setiap tahunnya. Hingga saat ini rata-rata peserta umrah setiap tahunnya sudah lebih dari 700 ribu orang.

  1. Target Pasar yang Luas

Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk beragama islam terbesar di dunia. Hal ini jelas menunjukkan bahwa target pasar untuk bisnis travel umrah sangat luas.

Jumlah penduduk Indonesia yang meningkat, biaya umrah yang semakin terjangkau, keinginan yang kuat untuk mengunjungi tanah suci hingga masalah psikologi seperti adu gengsi ikut mempengaruhi jumlah peserta umrah dari Indonesia yang semakin banyak setiap tahunnya.

Selain itu, wilayah Indonesia yang luas dari ujung barat ke ujung timur dengan wujud pulau dan kepulauan membuat bisnis travel umrah sangat menggiurkan. Anda yang membangun usaha travel umrah di Jakarta, bisa dengan mudah mendirikan cabang di kota lain untuk menyerap target pasar secara maksimal.

Amankah Travel Umrah Murah?

Dengan semakin maraknya travel umrah di seluruh wilayah Indonesia, maka ini membuat persaingan semakin ketat. Dalam bisnis apapun, persaingan selalu ada dan berlaku hukum rimba “siapa yang kuat maka ia yang menang”. Untuk bisnis umrah sendiri, yang dimaksud dengan kata kuat bukanlah kuat dalam artian kekuatan secara visual. Lebih dari itu, kuat di sini lebih dimaksudkan pada kuat dalam promosi, pemasaran, ekspansi dan lain-lain.

Jadi setiap travel umrah harus memiliki strategi yang berbeda dan kuat dalam menarik minat masyarakan. Salah satu strategi yang saat ini marak digunakan adalah dengan memberikan harga yang lebih rendah dari travel lainnya. Sebelum anda mengambil kesimpulan dengan memilih travel umrah yang menawarkan biaya lebih rendah, anda harus tahu bahwa pemerintah telah menetapkan batas atas dan batas bawah untuk biaya umrah dan haji.

Jadi amankah travel umrah murah?

Jawaban dari pertanyaan ini sebenarnya relatif karena faktanya di lapangan ada beberapa travel umrah yang memang menekan biaya serendahnya dengan berbagai cara yang legal. Sedangkan di sisi lain ada banyak travel umrah yang menawarkan biaya umrah super rendah karena niat ingin menipu. Untuk itulah, sebagai calon konsumen, anda harus bijak dalam menyikapi maraknya travel-travel umrah yang berlomba menawarkan biaya lebih rendah. Jalan paling aman, jelas anda lebih baik memilih travel umrah yang memiliki reputasi bagus dan perizinan lengkap meskipun harus membayar biaya standar.

Bagaimana Bisa Masyarakat Tertipu Pihak Travel Umrah Murah yang Nakal?

Sebagai calon konsumen pasti anda bertanya-tanya kenapa ada travel umrah murah? Bukankah dengan menawarkan harga murah, mereka akan mendapatkan margin keuntungan yang tipis? Seperti yang sudah dikatakan di poin sebelumnya bahwa dalam setiap bisnis ada berbagai kebijakan dan strategi yang diaplikasikan untuk mencapai target atau tujuan perusahaan itu sendiri. Hal ini juga berlaku untuk bisnis travel umrah. Ada beberapa alasan yang mendasari munculnya korban travel umrah murah, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Adanya Kesempatan atau Peluang

Salah satu alasan utama kenapa bisa muncul korban dari travel umrah murah adalah adanya kesempatan atau peluang. Seperti yang kita tahu bahwa masa tunggu ibadah haji di Indonesia lebih dari 10 tahun sehingga orang akan lebih memilih menunaikan ibadah umrah terlebih dahulu. Masalahnya, tidak semua orang mampu untuk membayar biaya umrah yang standarnya mencapai kisaran Rp. 25 juta.

Karena itulah, travel umrah murah muncul demi mewujudkan mimpi masyarakat yang ingin menunaikan ibadah umrah dengan biaya terjangkau. Sayangnya, tidak semua travel umrah murah itu aman. Mayoritas kesempatan dan peluang ini dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk memperoleh keuntungan.

  1. Kurangnya Edukasi atau Pengetahuan Tentang Biaya Umrah Di Masyarakat

Kenapa banyak korban travel umrah murah bermunculan? Hal ini bisa terjadi karena masyarakat tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang biaya umrah. Dengan sedikit iming-iming dan pendekatan secara personal nyatanya banyak calon peserta umrah yang tertarik dengan mudah. Jika ingin memerangi masalah travel bodong atau travel umrah murah yang tidak kompeten, maka pemerintah atau pihak yang berwenang harus gencar untuk mengadakan sosialisasi sebagai salah satu bentuk edukasi bagi masyarakat.

  1. Tingkat Pendapatan atau Saving yang Masih Rendah

Siapa sih yang mau menolak diskon atau harga murah dengan iming-iming mendapat hasil yang kurang lebih setara? Nyatanya rata-rata orang Indonesia suka dengan diskon atau potongan harga. Jika anda bisa pergi umrah kurang dari Rp. 20 juta atau Rp. 15 juta, kenapa harus memilih yang Rp. 25 juta? Meskipun tidak semua orang memiliki persepsi yang sama, namun tingkat pendapatan per kapita di Indonesia yang masih rendah dan tidak merata tentu membuat para pihak yang tidak bertanggung jawab bisa memanfaatkan ini dengan mudah.

Oleh karena itu, sebenarnya anda harus curiga jika ada travel yang menawarkan atau mempromosikan layanan umrah dengan biaya terlalu rendah. Jangan mudah terpengaruh bujuk rayu pihak travel yang mengatakan bahwa mereka memiliki koneksi di sana sehingga mendapatkan harga lebih murah. Travel umrah yang asli dan tidak abal-abal pasti akan memainkan strategi lain dibandingkan dengan membanting harga serendah-rendahnya.

Dilema Memilih Travel Umrah Murah

Munculnya travel umrah murah sebenarnya tidak sepenuhnya membawa efek negatif. Hal ini karena nyatanya tidak semua travel umrah murah melakukan penipuan Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa travel bisa menawarkan biaya umrah yang lebih murah:

  1. Biaya Murah Karena Cicilan Pembayaran Cukup Lama

Ada beberapa travel umrah yang mengenakan pembayaran dengan cicilan. Dengan begini peserta umrah tidak harus langsung mengeluarkan dana atau biaya perjalanan umrah sekaligus. Selain bisa membuat peserta umrah lebih tenang dalam menyelesaikan pembayaran, metode cicilan ini juga dimanfaatkan pihak travel untuk menyimpan dana. Tentunya travel umrah yang benar akan menyimpan dana dengan baik dan tidak menggunakannya untuk keperluan lain.

  1. Biaya Murah Karena Promosi Maskapai Penerbangan

Seperti yang kita tahu bahwa mayoritas biaya umrah dan haji alokasi terbesarnya adalah untuk biaya penerbangan dari Indonesia ke Arab Saudi. Nah, jika dengan harga standar biaya umrah akan berada di kisaran Rp. 25 juta per orang. Maka untuk menekan biaya umrah ini, pihak travel umrah murah biasanya mengakali dengan mencari promo penerbangan. Dengan begini, maka biaya umrah bisa ditekan seminimal mungkin.

Nah, dari kedua alasan di atas, maka sekarang anda tahu kan bahwa tidak semua travel umrah murah itu penipu atau tidak aman. Asal anda bisa dengan jeli melihat, memilah dan memilih travel umrah murah yang tepat maka perjalanan umrah anda akan berjalan lancar dan lebih murah.

Tips Memilih Travel Umrah

Tingginya minat masyarakat untuk menjalankan ibadah umrah tentu menjadi berkah tersendiri bagi pebisnis khususnya yang berkecimpung dalam bisnis travel umrah. Iming-iming keuntungan yang bisa diperoleh dari bisnis ini membuat banyak orang ingin mencobanya. Nah, anda sebagai calon konsumen harus berhati-hati dengan fenomena menjamurnya travel umrah dan juga paket-paket yang ditawarkan. Jangan sampai anda tergoda dengan biaya murah namun akhirnya tidak jadi berangkat dan menderita kerugian puluhan juta.

Untuk membuat perjalanan umrah anda lebih lancar dan tidak kebingungan selama menentukan pilihan travel, berikut ini ada beberapa tips memilih travel umrah yang bisa anda ikuti:

  • Pilih Travel Resmi yang Terdaftar di Kemenag

Tips pertama yang harus anda lakukan dalam memilih travel umrah adalah dengan memastikan kelegalan travel. Anda bisa mengunjungi situs Kemenag untuk mengecek nama-nama travel yang resmi dan mengantongi izin. Mau mahal atau murah biaya umrah yang ditawarkan, tidak akan ada bedanya jika tidak resmi terdaftar.

  • Periksa Alamat dan Kontak Travel

Untuk mencegah terjadinya tindak penipuan, maka anda harus benar-benar memastikan bahwa travel umrah tersebut eksis. Saat ini banyak travel bodong yang nekat menyewa ruko hanya demi melancarkan aksinya. Anda harus jeli dengan melihat berbagai celah yang bisa dijadikan informasi mulai dari kotak, alamat, eks peserta umrah di travel tersebut hingga dokumen legal dari travel tersebut.

  • Perhatikan Rekam Jejak Travel

Masih berkaitan dengan poin kedua, anda bisa melakukan sedikit riset untuk menyimpulkan apakah travel umrah ini aman atau tidak. Anda bisa bertanya kepada warga sekitar kantor travel untuk mencari informasi. Jika perlu anda juga bisa mencari info dari internet untuk melihat keaktifan travel umrah selama ini. Menelusuri rekam jejak travel umrah ini sangat penting untuk dilakukan agar anda terhindar dari tindak penipuan oleh travel umrah bodong.

  • Cek Fasilitas dan Harga yang Ditawarkan

Penting bagi anda untuk mengecek fasilitas yang ditawarkan dalam sebuah paket umrah. Pastikan anda tahu nama hotel yang akan digunakan untuk menginap, kevalidan visa, jadwal penerbangan hingga fasilitas-fasilitas lain yang diberikan. Jangan ragu untuk bertanya di awal sebelum anda menyesalinya di kemudian hari. Dengan menanyakan kepastian tentang beberapa hal di atas, maka anda bisa mencari tahu seberapa kuat dan siapnya pihak travel berkomitmen untuk melayani ibadah umrah anda.

  • Cek Cara Pembayaran

Mengecek cara pembayaran yang disediakan oleh pihak travel umrah juga penting untuk dilakukan. Misalkan ada pembayaran secara cash, cicilan atau metode lain yang tersedia, anda harus mengetahui semua ini sebelum anda memutuskan untuk bergabung dengan paket yang ditawarkan oleh pihak travel umrah. Selain itu, pastikan juga ada klausul perjanjian tentang pembayaran, dana yang sudah dideposit hingga pembatalan perjalanan yang mungkin terjadi. Semuanya harus jelas agar anda tidak jatuh ke tipu daya travel umrah bodong.

  • Jangan Ragu Bertanya Kepada Kerabat atau Orang Dekat

Untuk memilih travel umrah, penting bagi anda melihat nama dan jejak rekamnya. Karena itulah anda bisa memulainya dengan bertanya pada orang-orang di sekitar anda. Ada baiknya jika anda menggunakan travel umrah yang pernah dipakai oleh keluarga, sahabat atau orang-orang yang anda kenal. Dengan begini maka kemungkinan besar perjalanan umrah anda akan lancar karena telah memilih travel umrah berpengalaman dan bisa dipercaya.

Semoga informasi mengenai travel umrah murah dan beberapa hal yang berkaitan dengan kegiatan ini bermanfaat untuk anda..

Semoga umrah anda berkah dan selamat hingga perjalanan pulang ke Indonesia.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.