Universitas Dengan Biaya Perkuliahan Terjangkau

Pendidikan menjadi salah satu kebutuhan pokok saat ini. Jika dahulu mencari pekerjaan dengan ijazah SMA dirasa cukup kini dengan persaingan yang tinggi banyak orang tua yang menyekolahkan putra – putrinya hingga jenjang sarjana. Untuk dapat duduk dibangku universitas tak hanya butuh tekad atau kemampuan akademik saja namun juga dana. Untuk melanjutkan pendidikan untuk sarjana maupun master ataupun doctor juga membutuhkan dana pendidikan yang terbilang tidak murah. Selain dengan jalur beasiswa anda juga bisa dapat masuk ke universitas yang memiliki biaya perkuliahan terjangkau.

Universitas Dengan Biaya Perkuliahan Terjangkau

Kini banyak universitas berkualitas yang memiliki biaya perkuliahan murah. Anda bisa memilih satu dari beberapa universitas berikut ini!

Universitas Pelita Bangsa

Universitas pelita bangsa didirikan sejak tahun 2000.  Universitas ini menawarkan beberapa jurusan diantaranya ialah S1 manajemen dan D3 akuntansi, S1 teknik informatika, S1 teknik arsitektur dan teknik lingkungan serta S1 ekonomi syariah. Untuk masuk universitas biasanya beberapa perguruan tinggi memungut biaya gedung namun jika anda kuliah di universitas pelita bangsa tidak akan dipungut sama sekali.universitas pelita bangsa biasanya menetapkan biaya administrasi pendidikan sebesar Rp.2.000.000 sekali bayar. Untuk biaya semesternya juga hanya berkisar Rp.500.000 saja.  Untuk fasilitas kampus anda disediakan ruang peribadatan, lab, kantin, hingga fasilitas olahraga.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardika

Perguruan tinggi yang menawarkan biaya perkuliahan terjangkau lainnya ialah sekolah tinggi ilmu ekonomi Mahardika yang letaknya di kota Surabaya, Jawa Timur. Untuk biaya semesternya sendiri hanya dikenakan biaya Rp.300.000. Perguruan tinggi yang terletak di jalan raya wisata Menanggal No. 42A dengan website www.stiemahardika.ac.id.  Status akreditasi dari STIE mahardika juga berperingkat B yang berlaku hingga 15 Agustus 2023. STIE Mahardika memiliki dua jurusan yakni manajemen dan akuntansi. Selain menawarkan program strata 1 STIE Mahardika juga menawarkan strata 2 atau program pasca sarjana. Jam operasional kampus mulai pukul 07.30-16.00 WIB dan bisa anda hubungi melalui layanan whatsapp juga.

Universitas Selamat Sri

Universitas Selamat Sri juga sering disingkat dengan UNISS. Universitas ini berada di kota Kendal, Yogyakarta yang memiliki 6 fakultas dengan 12 program studi jenjang S1. UNISS mengedepankan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang didampingi dengan nilai moral. Untuk biaya semesteran di kampus ini hanya dikenakan biaya berkisar Rp.150.000 per semester  dengan biaya operasional pendidikan sebesar Rp.250.000 per bulan. Selain memiliki fasilitas mengajar yang lengkap UNISS juga memiliki desain bangunan yang unik. Bangunan kampusnya menyatukan dua budaya yakni jawa dan islam dalam satu arsitektur yang menarik banget untuk diabadikan.

Universitas Bung Karno

Satu lagi universitas yang memberikan biaya perkuliahan murah yakni universitas bung karno.  Universitas ini didirikan pada tahun 1999 yang terketak di jalan Pegangsaan timur no.17 Menteng, Jakarta dengan 5 fakultas. 5 Fakultas yang ada di  kampus ini diantaranya ialah fakultas hukum, fakultas ekonomi, fakultas ilmu sosial, fakultas teknik dan fakultas sistem informatika.  Untuk biaya semesteran biasanya dikenakan Rp.400.000 per semesterannya.  Beberapa selebritis ternama Indonesia juga menjadi alumnina seperti Ruben Onsu dan Choky Sitohang.

Universitas Mercu Buana

Universitas satu ini memang terkenal akan biaya kuliahnya yang murah. Uang SPP dari Universitas Mercu Buana hanya ditarik berkisar Rp.500.000 per semesternya. Universitas ini terletak di jalan wates Km 10 yang ada di Yogyakarta. Selain menawarkan program strata 1 universitas Mercu Buana juga menyediakan program pasca sarjana. Universitas Mercu Buana memiliki 6 fakultas mulai dari teknik, ekonomi hingga agricultural yang bisa anda pilih sesuai minat dan bakat anda.

Universitas Stikubank Semarang

Selanjutnya ada Universitas Stikubank Semarang yang berdiri pada tanggal 28 April 1968. Universitas Stikubank Semarang menetapkan besaran uang SPP berkisar Rp. 400.000 – Rp.700.000 per semesternya. Universitas Stikubank Semarang memiliki 6 fakultas diantaranya ialah teknologi informasi, teknik. Ekonomi, hokum, bahasa dan budaya serta program pariwisata.  Selain biaya pendidikannya yang murah Universitas Stikubank Semarang juga terletak di pusat kota yang bisa anda akses dengan mudahnya.

Universitas Indraprasta

Selanjutnya ada Universitas Indraprasta yang terletak di jalan raya Tengah , Gedong, Pasar Rebo, Jakarta. Universitas Indraprasta juga menawarkan biaya perkuliahan yang terjangkau yakni dengan besaran SPP per semesternya Rp.700.000 per mahasiswa. Jika anda merasa berat untuk membayar SPP langsung tunai maka anda juga bisa dengan cara mengangsurnya sebesar Rp.100.000 per bulan. Untuk informasi lebih lengkap terkait universitas ini anda bisa mengecek website unindra.ac.id. Terdapat 5 fakultas utama di kampus ini yang bisa anda jadikan pertimbangan untuk kuliah di Universitas Indraprasta.

Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Terakhir, ada Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati yang berada di Jalan A.H.Nasution No. 10, Bandung. Jawa Barat. Universitas ini menetapkan biaya SPP sebesar Rp.600.000 per semesternya. Tidak hanya menawarkan program strata 1 saja namun juga program doctor dan magister. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati juga memiliki jurusan yang berkonsentrasi untuk mempelajari agama Islam lebih dalam. Tentunya anda yang memiliki minat yang besar pada ilmu agama Islam bisa memilih untuk kuliah disini.

loading...

Kenapa Kuliah Itu Wajib?

Melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi memang bukanlah kewajiban. Pemerintah RI saja hanya mewajibkan hingga jenjang SMA . Biarpun begitu ada beberapa alasan atau manfaat yang bisa anda dapatkan jika meneruskan pendidikan anda hingga perguruan tinggi diantaranya ialah sebagai berikut :

Sumber : https://mamikos.com/

  • Wawasan Semakin Luas

Wawasan anda juga semakin bertambah dengan melanjutkan pendidikan di bangku universitas.  Pola pikir anda juga jauh kedepan dan lebih dewasa. Anda bisa memandang masalah dari berbagai sudut pandang dan menyelesaikan masalah dengan kepala dingin. Anda mampu memikirkan solusi yang lebih baik atas segala permasalahan yang sedang dihadapi.

  • Meningkatkan Skill

Tak hanya itu dengan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi maka andapun berkesempatan untuk meningkatkan skill. Ketrampilan anda akan lebih jauh berkembang ketimbang saat duduk dibangku SMA.  Bagi mereka yang mengambil pendidikan di sekolah kejuruhan tentu akan jauh lebih siap untuk menghadapi dunia kerja dibandingkan dengan SMA. Inilah yang membuat anak lulusan SMA sebaiknya melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Anda yang lulusan SMK juga bisa lebih menyempurnakan kemampuan dan pengetahuan anda dengan memasuki bangku perkuliahan.

  • Peluang Lowongan Kerja Lebih Terbuka

Tak hanya itu saja peluang lowongan kerja juga akan semakin terbuka. Anda punya kesempatan yang jauh lebih besar untuk melamar pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan anda. kesempatan karirmu juga jauh lebih luas dibandingkan mengandalkan ijazah SMA. Anda juga siap bersaing dengan mereka yang berasal dari luar negeri.

  • Kesempatan Untuk Bekerja Di Dunia Akademis

Dengan mengenyam pendidikan yang jauh lebih tinggi akan membuat anda berkesempatan bekerja dibidang akademis seperti menjadi dosen. Anda juga bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa pendidikan untuk jenjang yang lebih tinggi lain dari S1.

  • Belajar Mandiri

Suasana perkuliahan sangat berbeda dengan SMA. Saat kuliah anda diberi kebebasan mengatur jadwal perkuliahan dan aktivitas yang anda miliki sendiri. anda diajarkan untuk mandiri dan tidak tergantung dengan orang lain. Apalagi mereka yang jauh dari rumah akan belajar pula hidup sendiri dan bertanggung jawab atas kebutuhannya sendiri.

  • Meningkatkan Derajad Di Mata Tuhan

Menuntut ilmu bagi agama apapun menjadi salah  satu ajaran yang dianjurkan. Dengan terus belajar meninggikan derajad anda dimata Tuhan. Tidak hanya dimata sang Pencipta namun juga dimata orang lain.

  • Memperluas Koneksi

Kuliah juga bisa memperluas koneksi anda tak hanya dari kalangan yang itu-itu saja. anda jadi bisa bergaul dengan beragam jenis orang dengan latar belakang yang berbeda.  Dengan koneksi yang luas maka anda bisa membangun relasi bisnis juga di masa yang akan datang. Anda juga berkesempatan untuk bertemu dengan orang-orang inspiratif yang memotivasi anda.

  •   Mencoba Hal-Hal Baru

Dengan kuliah anda juga bisa mencoba hal-hal baru seperti mengikuti pertukaran pelajar, seminar internasional ataupun beasiswa. Anda juga bisa mendapatkan peluang untuk berdiskusi maupun berorganisasi saat kuliah. Kuliah membuat anda memiliki peluang untuk mencoba hal-hal baru yang belum pernah anda lakukan waktu SMA.

  • Mendorong Membuat Perubahan

Dengan kuliah anda juga mampu membuat perubahan untuk diri anda sendiri, orang lain hingga untuk negeri anda sendiri. Anda bisa menjadi agen perubahan untuk membuat negeri ini jadi lebih baik lagi.

Jenis Pekerjaan Yang Menawarkan Gaji Tinggi Untuk Lulusan Sarjana

Seperti dikatakan sebelumnya bahwa dengan kuliah anda bisa berkesempatan mendapatkan peluang kerja lebih tinggi. Beberapa pekerjaan bahkan menawarkan anda dengan gaji yang lebih tinggi. Beberapa pekerjaan bergaji tinggi untuk lulusan sarjana ini diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Dokter Spesialis

Pekerjaan sebagai seorang dokter memang dianggap prestius. Tidak hanya beken namun juga menawarkan gaji yang tidak sedikit terlebih anda yang memilih menjadi dokter spesialis. Gaji sebagai seorang dokter spesialis bahkan mampu mencapai angka Rp.50.000.000 per bulannya. Sayangnya untuk kuliah di jurusan dokter tak bisa dipungkiri membutuhkan dana yang cukup besar. Biarpun begitu kini banyak beasiswa dibidang ini ditawarkan bagi mereka yang memiliki kemampuan mumpuni.

  • Konsultan Keuangan

Jenis pekerjaan selanjutnya ialah sebagai konsultan keuangan. Konsultan keuangan memiliki tanggung jawab membantu anda menangani masalah keuangan dan mengamankan asset yang anda miliki. Konsultan keuangan dengan pengalaman 1-3 tahun umumnya mendapatkan gaji mulai drai Rp. 5.000.000-Rp.15.000.000 per bulannya. Selain memiliki pengalaman dibidag keuangan seorang konsultan keuangan juga membutuhkan pendidikan yang tinggi pula.

  • Ahli Kontruksi atau Pertambangan

Jenis pekerjaan lainnya yang memiliki gaji tinggi namun perlu gelar yang tinggi pula ialah para ahli dibidangnya seperti ahli kontruksi dan pertambangan. Lahan bisnis ini memang menawarkan profit tinggi namun diikuti dengan kesulitan yang tinggi pula. Ahli kontruksi biasanya mampu mengantongi Rp.30.000.000-Rp.70.000.000 setiap bulannya. Untuk ahli pertambangan biasa mendapatkan gaji berkisar Rp.12.000.000 setiap bulan walau masih lulusan fresh graduate untuk jenis pekerjaan ini.

  • Pilot

Jenis pekerjaan ini memang bukanlah pekerjaan yang sembarangan. Untuk menjadi seorang pilot anda bahkan perlu sekolah penerbangan khusus. Untuk mendaftarkan sekolah penerbangan anda juga perlu lulus S1 dahulu. Lulusan S1 dinilai memiliki wawasan dan mental yang lebih matang ketimbang lulusan SMA. Rata-rata gaji pilot berkisar Rp. 20.000.000 –Rp.70.000.000 per bulannya.

  • Psikiater

Jenis pekerjaan selanjutnya yang memiliki besaran gaji fantastis ialah psikiater. Menurut investopedia.com gaji seorang psikiater termasuk dalam gaji terbesar kedua di dunia. Rata-rata gaji seorang psikiater mencapai US$181.000 per tahunnya dan terus meningkat 1-2 % tiap tahunnya. Untuk menjadi psikiater anda harus kuliah dahulu karena tidak ada sekolah kejuruan yang menawarkan jurusan ini kecuali perguruan tinggi.

Pekerjaan Yang Bisa Dikerjakan Sambil Kuliah

Untuk mendapatkan pengalaman bekerja anda juga bisa melakukannya saat kuliah. Selain mendapatkan pengalaman anda juga bisa mendapatkan penghasilan sendiri untuk memenuhi kebutuhan anda sehari-hari. Ada beberapa pekerjaan yang bisa dikerjakan sambil kuliah diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Copy Writer

Di era serba canggih seperti saat ini bekerja tak hanya di kantor namun juga bisa di dunia maya. Anda bisa melamar sebagai copy writer yang jam kerjanya juga sangat fleksibel. Modal untuk menjadi copy writer ialah kata-katanya yang mampu menarik banyak pembaca. Dunia bisnis sekarang ini membutuhkan toko online yang mampu menyajikan konten menarik agar pengguna internet bisa mampir ke tokonya. Kebutuhan konten inilah yang membuat lowongan kerja sebagai content writer terus menjamur beberapa waktu belakangan ini.

  • Guru Les Privat

Anda juga bisa menggeluti profesi sebagai guru les privat.  Selain bisa menambah uang saku anda juga bisa terus belajar dan mengingat ilmu yang dulu dipelajari dibangku sekolah menengah. Selain itu jam kerjanya juga tidak begitu lama karena umumnya kegiatan belajar mengajar ini maksimal berdurasi 2 jam saja. besaran gaji yang diberikan juga dipertimbangkan dari durasi waktu setiap pertemuan dan berapa kali pertemuan dilakukan per bulannya.

  • Pelayan Restoran

Anda juga bisa melamar sebagai pelayan restoran. Jam kerja sebagai pelayan restoran biasanya shift-shiftan. Anda bisa menyesuaikan jam kerja anda agar tidak bentrok dengan jam kuliah anda saja. apalagi di kota besar banyak ditemukan kafe dan restoran cepat saji yang membutuhkan tenaga kerja yang cekatan dan ramah dalam melayani pelanggan. Dari pekerjaan ini anda akan belajar kerja keras dan bagaimana merasakan posisi melayani konsumen. Anda juga bisa belajar ilmu bisnis dari melihat sistem manajemen restoran dimana anda bekerja.

  • Reporter

Ada pula jenis pekerjaan sebagai reporter yang bisa anda lamar saat masih berstatus mahasiswa. Reporter tak selalu melulu menyajikan berita politik atau criminal. Tak jarang reporter juga diminta meliput tempat wisata atau kuliner unik di kotamu. Selain bisa menambah uang juga mampu memberikan pengalaman berarti bagi diri anda sendiri.

  • Youtuber atau Influencer

Beda generasi memang beda cara bekerjanya. Kini ada pula jenis pekerjaan baru yang menawarkan konten kreatif kepada pengguna internet bernama youtuber atau influencer. Cara kerjanya ialah anda membuat konten yang bisa menarik pengguna internet dan mendapatkan bayaran dari iklan yang terpasang di konten anda. Apabila video atau konten tersebut dinikmati oleh banyak orang atau menjadi viral maka semakin besar pula bayaran yang anda terima. Tidak hanya memberikan pendapatan yang besar namun juga membuat anda jadi lebih kreatif serta terkenal. Tak heran banyak pula bermunculan influencer baru atau youtuber baru bahkan hingga para selebritis juga mulai berubah jadi youtuber.

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.